Menciptakan Ruang Keluarga yang Nyaman

Jumat, 17/06/2016 04:08

By : bagas wijaya | Consumer

Interior

382

Salah satu ruang favorit di rumah adalah ruangan keluarga. Di sini menjadi tempat aktivitas internal penghuni rumah. Suasana yang diciptakan harus rileks dan mampu meredakan emosi. Ini tips Sakundria Satya Murti Wardhana, desainer interior dari Wardhana Design, Jakarta, Universitas Trisakti (Jakarta).

Sebaiknya
1.    Memilih paduan warna-warna yang nyaman dan netral di ruang keluarga. Tambahkan aksen-aksen dramatis pada soft furnishing seperti sarung bantal kursi, taplak meja atau karpet. Bila warna pada sofa menggunakan warna kuat, sedangkan warna karpet aktraktif, sebaiknnya dinding memakai warna krem atau broken white.
2.    Pencahayaan menggunakan sistem indirect atau tidak langsung. Sumber cahaya tersembunyi di balik plafon tapi tetap terang dan tidak silau. Tambahkan spotlight di dekat lukisan dinding supaya ada kesan lebih dramatis membuat imajinasi orang berbeda-beda. Buatlah orang yang berada di ruang keluarga memiliki imajinasi yang menyenangkan
3.    Pilih perabot di ruang keluarga mudah dirawat dan tahan lama karena akan sering dipakai. Misalnya, sofa berlapis kulit imitasi agar mudah dilap langsung bila terkena tumpahan air dan debu. Furnitur-furnitur dari bahan plastik yang kini berdesain menarik dapat ditambahkan karena lebih fleksibel dipindah-pindah.
Hindari
1.    Menempatkan terlalu banyak detail karena akan memecah konsentrasi, dari yang ingin suasana rileks menjadi tidak rileks.
2.    Membuat orang kikuk atau kaku, tapi ciptakan suasana yang santai. Tidak harus duduk manis di atas kursi, duduk di bawah dengan lantai beralas karpet juga sah-sah saja.
3.    Menempatkan sebuah produk elektronik yang menimbulkan kontradiksi sehingga membuat tampilan ruang jelek. Perhatikan jalur-jalur kabel dari produk elektronik yang mungkin merusak pandangan. Pikirkan pengaturan kotak stop kontak pada ruang keluarga agar rapi.