Sampahnya Dibikin Taman Aja

Kamis, 14/02/2019 10:45

By : Indra Sidharta | Consumer

Eksterior

323

Saat ini sampah memang sudah menjadi masalah yang serius bagi pemerintahan khususnya Indonesia.
Mungkin cara yang dilakukan oleh warga di sungai Maas, Rotterdam, Belanda ini bisa dijadikan contoh, karena beberapa orang disana telah memanfaatkan sampah-sampang disana menjadi sebuah taman terabung.
 
Taman ini memiliki luas 139 m2. Pembuat taman ini membuat 28 blok segi enam yang dapat terapung. Sebelumnya, mereka mengumpulkan sampah selama satu setengah tahun! Para relawan mencari sampah di tepi sungai. Mereka berkolaborasi dengan sebuah yayasan, Recycled Island Foundation. Perangkap atau penangkap sampah dipasang di sepanjang tepi sungai dan pelabuhan. Relawan ingin mengumpulkan sampah plastik memanfaatkan gelombang air sungai.
 
Blok segi enam ini dapat dikaitkan sehingga dapat membentuk sebuah pulau terapung. Tempat ini bisa digunakan untuk tempat duduk bagi pengunjung atau menanam pohon alias menjadi kawasan hijau. Perancang blok segi enam ini menyatakan kalau bentuk ini memiliki keuntungan berupa tekstur sehingga ganggang atau tanaman bisa menempel, ikan dan binatang lainnya bisa menaruh telur di sini.
 
Wah, bisa juga tuh diaplikasikan di Indonesia. Apalagi Sungai Ciliwung di Jakarta juga terdapat banyak sampah plastik. Siapa tahu ada Recycled Park di Jakarta.
 
Dirumah bisa juga gak ya? 
 
 
 
 
 
Read more at https://artikel.rumah123.com/kayak-apa-ya-kalau-taman-terbuat-dari-sampah-45969#TxHlibkQDzbx70CW.99