Tips Jual Rumah!

Senin, 04/02/2019 12:16

By : Indra Sidharta | Consumer

Tips & trick

182

Saat ini Digital atau Online Marketing bukan hal yang asing lagi bagi setiap orang. Apalagi bagi para pelaku marketing sebuah perusahaan. Tidak terbatas jumlah, ruang dan waktu, ditambah dengan lebih terjangkau dari segi budget membuat online marketing menjadi pilihan utama. Tak salah bila pada akhirnya banyak para individu yang ikut memanfaatkan online marketing, salah satunya seperti pemilik rumah yang ingin menjual rumahnya.

 

Namun kenyataannya online marketing tak semudah kedengarannya. Mungkin Anda saat ini sedang merasakannya. Rumah yang sudah Anda tawarkan sejak 3-6 bulan lalu di internet belum juga menemukan pembelinya. Alih-alih mendapatkan telpon, bahkan sebuah respon berupa “like” di postingan Anda pun tidak ada.

 

Bila hal ini sudah terjadi kepada Anda, maka sudah semestinya Anda mengikuti 5 trik jitu menjual rumah secara online ini.

 

1. Buatlah Judul yang Menarik

 

Terdengar klasik? Barangkali benar. Tapi kenyataannya banyak dari kita yang mengira bahwa judul yang dibuat sudah menarik meskipun kenyataannya tidak demikian. Sebab ada satu hal yang lupa kita lakukan, yakni meminta pendapat orang lain. Tak ada salahnya Anda meminta pendapat teman, kolega atau suami/istri Anda saat akan menulis sebuah judul pemasaran rumah.

 

Dan agar dapat menulis judul yang menarik, Anda bisa lakukan dengan mencantumkan “kelebihan” properti yang Anda tawarkan. Misal, properti yang Anda tawarkan berada di bawah harga pasaran, maka sebutkanlah harga jual tersebut di judul. Atau bila ada hadiah yang menanti pembelinya, maka tuliskan hal tersebut di judul. Intinya, buatlah judul dengan kata-kata yang paling bisa menarik perhatian.

 

2. Muat Foto Setiap Sudut Rumah Semenarik Mungkin

 

Foto dapat menjadi kesan pertama yang dapat menentukan sikap calon pembeli. Jangan lupa bersihkan dan rapikan kondisi properti yang akan Anda tawarkan lebih dulu sebelum difoto. Hal ini tidak hanya berlaku bagi rumah bekas, tapi juga bagi rumah baru. Sebab sekalipun baru namun bila kondisinya masih kotor atau cat rumah terlihat kurang merata maka hal ini dapat membuat minat calon pembeli berkurang. Dan jangan lupa sediakan banyak foto dari berbagai sudut rumah agar calon pembeli memiliki bayangan visual yang jelas terhadap properti yang Anda tawarkan.

 

Tapi bukan berarti hal ini membuat Anda justru memanipulasi foto dengan mengeditnya. Hal itu tetap tak dibenarkan karena sama saja membohongi calon pembeli.

 

3. Jangan Mematok Harga Terlalu Tinggi dan Beri Keterangan Dapat Dinego

 

Hal umum yang terjadi dalam sebuah transaksi adalah terjadinya proses negosiasi. Tak terkecuali transaksi besar seperti properti. Namun sayangnya banyak penjual yang akhirnya justru memilih mematok harga tinggi karena menyadari akan adanya negosiasi nantinya. Padahal tidak semua orang suka melakukan tawar-menawar. Ada sebagian orang yang justru menganggap proses tawar-menawar terlalu membuang energi dan waktu. Hal semacam itulah yang membuat properti Anda tak kunjung mendapatkan pembeli.

 

Karena itu ada baiknya Anda jangan terlalu tinggi mematok harga. Tawarkan properti Anda sedikit di atas harga pasar dan beri keterangan dapat dinego. Dengan begitu setidaknya Anda dapat menjaga harga properti Anda tetap di harga pasar nantinya.

 

4. Berikan Hadiah Menarik Bagi Pembeli Kes

 

Pastinya Anda pernah mendengar adanya hadiah langsung bagi pembeli rumah kes. Biasanya hal itu ditawarkan oleh agen properti di sebuah pameran. Tidak ada salahnya bila hal itu Anda aplikasikan saat menjual properti Anda. Terlepas apakah Anda seorang broker atau bukan, hal ini tetap dapat Anda lakukan. Anda bisa memberikan hadiah smartphone terbaru di kisaran harga Rp 10 juta bila harga properti Anda di angka Rp 300-400 juta. Dan Anda bisa memberikan hadiah sepeda motor di kisaran harga Rp 20 juta bila harga properti Anda di angka Rp 500 juta ke atas. Tentunya tidak rugi bila harus memangkas sedikit hasil keuntungan Anda demi mendapatkan transaksi yang besar, kan?

 

5. Beriklanlah di Situs Jual Beli Properti Terpercaya

 

Apakah beriklan itu penting? Seorang pengusaha properti pernah berkata bahwa mereka yang sudah mengiklankan propertinya saja belum tentu berhasil closing, apalagi yang tidak mengiklankannya. Beriklan di sini bukan berarti Anda harus menggunakan jasa Google ads. atau semacamnya yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang lebih, tapi bisa dengan rutin mempostingnya di media sosial, menawarkan ke berbagai kolega dan orang di kontak ponsel Anda, atau dengan menaruh properti Anda di sebuah situs jual beli properti terpercaya seperti Rumah123.com. Tapi tidak ada salahnya juga bila Anda pun menggunakan fitur iklan yang ditawarkan oleh Rumah123.com karena situs ini sudah jelas sebagai tempat jual beli properti. Iklan Anda sudah pasti ditujukan ke target market yang tepat.