#123ResolusiPilihan Trik Bangun Rumah Biar Efisien!

Kamis, 20/12/2018 17:45

By : Indra Sidharta | Consumer

Tips & trick

Punya tanah dan ingin bangun rumah sendiri tapi budget terbatas? 

 

Tenang-Tenang, berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk membangun rumah bagus berkualitas dengan biayan terjangkau:

 

  1. Bikin Rencana Pembangunan Rumah

Sebagai langkah awal, rencanakanlah pembangunan rumah. Mulai dari dana, ukuran bangunan, hingga target penyelesaiannya. Rencana ini nantinya berfungsi sebagai pengendali kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan.

Jika implementasi pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentu akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan. Waktu pembangunan yang tak sesuai jadwal sudah pasti akan menambah biaya tukang. Maka itu, pilihlah tukang atau pemborong profesional yang benar-benar ahli dalam bidangnya, sehingga mampu mengerjakan pembangunan rumah sesuai rencana.

 

  1. Pilih Desain Minimalis

Desain minimalis lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan, namun rumah bisa tetap terkesan modern dan mewah. Desain minimalis itu hemat ruang, sehingga tak banyak menghabiskan material bangunan. Untuk memperoleh desain rumah minimalis, kamu bisa mencarinya di internet. Jadi, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk pendesainnya atau sang arsitek.

  1. Tentukan Bentuk Bangunan
  2. Bentuk bangunan berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah dibangun dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan rumah berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya.

Membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan menyisakan banyak material bangunan. Selain itu, tingkat kesulitan pada bangunan bersudut atau lengkung juga lebih tinggi, sehingga berisiko pada bentuk bangunan yang kurang sempurna. Kalau mau dirombak, butuh lebih banyak waktu dan juga biaya.

 

  1. Lakukan Riset Harga Material Bangunan

Harga material bangunan yang cenderung naik menjadi salah satu faktor yang harus kamu pertimbangkan. Agar kebutuhan dana untuk bahan bangunan bisa kamu perkirakan, maka lakukanlah riset tentang harganya. Jangn segan atau malu keluar-masuk toko-toko bangunan guna menanyakan harga material yang kamu butuhkan. Kamu bisa memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

 

  1. Selektif Pilih Tukang Bangunan

Mengingat pentingnya peran tukang dalam membangun sebuah rumah, maka biaya untuk membayar jasanya perlu kamu siapkan. Selektiflah dalam memilih tukang. Pilihlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini penting karena baik-tidaknya kinerja tukang akan mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah.

 

  1. Membangun Secara Bertahap

Kamu tak perlu menunggu semua uang terkumpul dulu untuk membangun rumahmu. Kamu bisa memulainya secara bertahap. Mulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dilakukan dan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Memang jadinya rumahmu akan lama terbangunnya, tapi cara ini akan memberi kamu kesempatan untuk lebih fokus pada setiap tahapnya. Dana yang kamu keluarkan pun dapat lebih terkendali dan mudah dipantau.

 

  1. Gunakan Material Lokal

Bahan bangunan berkualitas tak harus mahal atau pun produksi luar negeri. Supaya bisa irit, kamu bisa menggunakan bahan bangunan lokal. Selain mudah ditemukan, jenis bahan bangunan lokal juga lebih murah harganya.

 

  1. Bikin Ruangan Multifungsi

Rumah yang punya banyak ruangan cenderung memakan biaya lebih mahal. Solusinya, buatlah ruangan multifungsi, semisal ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, dapur disatukan dengan ruang makan.

 

Semoga Sukses Gaes Bangun Rumahnya!!



Sumber : Artikel Rumah123

Comment (s)

victor fernando tanoko

Jumat, 21/12/2018 05:16

Artikel ini layak dishare karena artikel ini memberi trik tip yang menarik walaupun tidak begitu mendetail tapi ok lah

victor fernando tanoko

Jumat, 21/12/2018 05:21

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2462655423748795&id=100000130849973

Titin maria Wulandari

Jumat, 21/12/2018 15:21

"Trik Bangun Rumah Biar Efisien"


Saya setuju dan suka sekali dengan artikel ini karena sangat menginspirasi, terutama untuk calon pasutri, pasangan suami istri yang baru menikah atau keluarga kecil dengan 2 anak yang berencana ingin membangun rumah bagus dan berkualitas di tanah milik sendiri dengan budget terbatas. 

Menurut saya dengan memiliki tanah sendiri sebelum membangun rumah merupakan investasi yang bagus & menguntungkan juga, karena tidak perlu repot-repot lagi mencari/memilih lokasi & tentunya tidak membutuhkan budget banyak juga. 

Artikel diatas sangat membantu sekali dalam menentukan langkah2 awal tahap pembangunan rumah dengan biaya terjangkau, meliputi :
- pilihan desain rumah, minimalis paling tepat untuk pembangunan dgn dana minim. Cukup dengan browsing di internet akan diperoleh banyak pilihan desain tanpa perlu membayar jasa arsitek. 
- survey harga dan pilihan material cukup yang lokal saja. Banyak material lokal mudah didapatkan di negara kita, bahkan berkualitas dan murah sehingga menghemat biaya. 
- selektif dalam memilih tukang bangunan yg benar2 ahli dibidangnya dgn reputasi kerja yg baik akan berpengaruh dalam ketepatan menyelesaikan pembangunan yg terencana. 
- tahapan2 pembangunan yg disesuaikan dengan anggaran yaitu dengan membangun ruangan2 multifungsi agar tidak memakan biaya yg mahal. 

Semoga artikel ini membantu masyarakat dan juga pembaca2 setia forum.rumah123.com seperti saya ini. 
Terimakasih rumah123.com

Nama lengkap : Titin Maria Wulandari 
Facebook :Titin Maria Arkananta Wibowo
Instagram : @titin_maria
Twitter : @WulandarMaria



Nur Hidayah

Jumat, 21/12/2018 21:43

Alasan aku pengen share artikel ini karena setelah aku baca pas banget sama keadaanku saat ini, Saya dan suami baru menikah 2 th, pengen banget punya rumah sendiri karena ingin mandiri. Rencana buat rumah udah ada tapi ya bajet nya pas-pasan gitu deh, tapi setelah baca artikel ini dan menerapkan tips nya mudah-mudah an tahun depan terealisasi deh Resolusiku pengen punya rumah sendiri. #123ResolusiPilihan

Akun fb: Hidayah Ar
Akun instagram: @yayahh_ar

Nur Hidayah

Jumat, 21/12/2018 21:48

Nama: Nur Hidayah

Princess Merry

Senin, 24/12/2018 19:04

Aku ingin share artikel ini, karna pas banget bagi keadaan generasi millenial kini yang kebanyakan masih menata kehidupan diawali dari membangun rumah sendiri. Tentu saat membangun rumah tidak boleh gegabah, karna akan ditempati dalam jangka waktu lama, dan dibuat senyaman mungkin. Dalam proses pembangunannya tentu banyak hal yang harus dipikirkan detail, baik bangun sendiri pakai tukang atau pakai pemborong. Artikel ini membantu pembacanya untuk bisa wujudkan keinginannya punya rumah dengan budget terbatas dengan tips dan trick nya seperti : 1. Memilih desain bangunan, 2. Memilih bentuk bangunan, 3. Melakukan risrt harga bangunan. 4. Hati2 memilih tukang atau pemborong, 5. Membangun secara bertahap, 6. Memakai material lokal dan 7. Membangun ruang multifungsi. >> Jadi dengan lahan ternatas, dan budget terbatas bukan lagi alasan kita tak bisa punya rumah sendiri loo. Artikelnya keren dan bermanfaat. #123ResolusiPilihan pilihlah segera punya rumah sendiri. 

Nama : Merry Mirthasari
Fb : Princess Merry
Twitter : @princessmy82
IG : @princessmerry_ok

Siti Nurhidayah

Selasa, 25/12/2018 20:05

#123ResolusiPilihan hai gaes ini ada artikel menarik banget nih buat kamu yang lagi punya resolusi rumah baru di tahun 2019, kamu wajib baca artikel ini, kamu bisa tau tips biar rumah efisien sesuai budget dan manfaat, jangan sampai bangun rumah tanpa perencanaan matang yang akhirnya banyak bagian yang tidak sesuai, tidak manfaat dan budget membengkak, saya share artikel ini karena pas banget dengan yang saya cari, dan saya yakin artikel ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman yg mau bangun rumah . Terimakasih @rumah123.com , #123ResolusiPilihan


Nama Siti Nurhidayah
Email hunafajasmine@gmail.com
IG @Nur_herbalis
FB Siti NurHidayah

Siti Nurhidayah

Selasa, 25/12/2018 20:22

#123ResolusiPilihan hai gaes ini ada artikel menarik banget nih buat kamu yang lagi punya resolusi rumah baru di tahun 2019, kamu wajib baca artikel ini, kamu bisa tau tips biar rumah efisien sesuai budget dan manfaat, jangan sampai bangun rumah tanpa perencanaan matang yang akhirnya banyak bagian yang tidak sesuai, tidak manfaat dan budget membengkak, saya share artikel ini karena pas banget dengan yang saya cari, dan saya yakin artikel ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman yg mau bangun rumah . Terimakasih @rumah123.com , #123ResolusiPilihan


Nama Siti Nurhidayah
Email hunafajasmine@gmail.com
IG @Nur_herbalis
FB Siti NurHidayah
Twitter : Nurherbalis ( @nu_city )

Read more at https://forum.rumah123.com/article-4907-123resolusipilihan-trik-bangun-rumah-biar-efisien#PrQ9s1ieYhMLSasy.99

Fatoni P

Rabu, 26/12/2018 23:27

#123ResolusiPilihan Saya share artikel ini,karena tips-tips ini sangat sesuai dengan kondisi manusia zaman sekarang. Dimana kebutuhan hidup semakin membumbung tinggi tapi penghasilan segitu-segitu saja. Sedangkan kesibukan yang ada juga sangat menyita waktu ketika hari kerja. 


Sementara kebutuhan untuk memiliki rumah sendiri yang nyaman juga sangat mendesak. Tidak banyak hal yang bisa dilakukan ketika hari kerja. Waktu luang yang tersisa hanyalah waktu libur. Jadi persiapan untuk membangun rumah harus memakai waktu yang ada seefisien mungkin. Begitu pula ketika sudah mulai pengerjaan. 

Tidak boleh banyak waktu dan uang yang terbuang supaya tidak mengganggu pekerjaan kita sehari-hari. Desain, rencana bangunan, tukang, bahan material semuanya harus diperhitungkan matang supaya tidak membuang waktu dan uang. Sedikit saja terjadi kesalahan, kerugian yang ada di masa depan bisa semakin besar mengingat besarnya biaya untuk membangun rumah. Yang paling fatal adalah merusak fondasi keuangan keluarga dan kemudian merusak fondasi keluarga yang lain sehingga yang seharusnya membangun rumah timbul kebahagiaan baru malah berubah menjadi malapetaka. 

Tips-tips di atas tidak hanya membantu dalam membuat rumah tapi juga bisa menghindarkan banyak masalah yang mungkin terjadi di masa depan. Membangun rumah seefisien mungkin dapat menghindarkan kita dari masalah dengan seefisien mungkin

Nama : Fatoni Adi Putra
FB : Fatoni Adi P
Twitter : FatoniAp
IG : @fatoniadiputra

Hendriyanto Zaki Nur Rahmat

Kamis, 27/12/2018 08:01

Suka sekali dengan artikel yang satu ini. Sangat membantu bagi yang ingin membangun rumah dengan bujet yang terbatas. Dimana kita harus pandai-pandai menyiasati banyak hal, mulai dari desain, material, sampai dengan tukang bangunan. Dengan perencanaan yang baik, seperti yang diulas artikel ini, kita bisa membangun rumah yang bagus dengan biaya yang terjangkau.
#123ResolusiPilihan

Nama: Hendriyanto Zaki Nur Rahmat
FB: Hendriyanto Zaki Nur Rahmat
Twitter: @HendriyantoZaki
IG: @hendriyantozaki

Aprina Retnaningrum

Kamis, 27/12/2018 09:43

Harga properti yang melambung tinggi membuat para calon penghuni harus memperhitungkan banyak hal sebelum membangun rumah, terutama untuk yang memiliki budget terbatas. Sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan, asalkan cukup teliti dalam merancang persiapan dalam membangun rumah. Isi artikel "Trik Bangun Rumah Biar Efisien!" ini dapat dijadikan referensi dan pertimbangan. Di sini dijelaskan beberapa poin dalam membangun rumah yang dapat diterapkan untuk menekan biaya namun hasilnya tetap berkualitas.
#123ResolusiPilihan

Nama: Aprina Tri Retnaningrum
FB: Aprina Retnaningrum
Twitter: @aprina_ape
IG: @aprina_retnaningrum

Susilo Ahmadi

Kamis, 27/12/2018 10:10

Kalau yang lain mungkin hanya sebatas teori membangun rumah tetapi akhir tahun ini saya benar-benar mengalami bagaimana membangun rumah sendiri. Ini alasan saya memilih artikel ini untuk dishare. Sudah bertahun-tahun lamanya saya ingin memiliki rumah sendiri tapi tidak terwujud karena sejumlah kendala dan baru pada akhir tahun ini bisa mewujudkannya. OK saya akan mencoba membagi tips membangun rumah dari pengalaman sendiri dan memadukannya dengan yang telah disampaikan artikel ini :
1. Tukang dan kuli harus profesional. Butuh waktu cukup lama sekali mendapatkan tukang dan kuli yang profesional. Kalau sekedar tukang bangunan tersedia banyak sekali. Mereka yang profesional akan banyak sekali mengirit waktu dan uang. Hasil pekerjaan mereka juga bagus dan rapi serta disiplin. Tetangga dan kerabat pernah bercerita bagaimana mereka menyesal telah memilih pekerja bangunan asal-asalan. Padahal jika terjadi kesalahan atau kekurangan bangunan di kemudian hari maka akan sangat sulit memperbaikinya. Jadi pastikan semua jalan on track.
2. Desain minimalis. Saya sekeluarga total hanya berjumlah 3 orang jadi tidak memerlukan rumah yang besar. Rumah besar membutuhkan biaya dan waktu perawatan yang besar pula seperti rumah orang tua saya. Saya tidak memiliki banyak waktu untuk merawat rumah.
3. Riset harga bangunan. Jauh sebelum memulai proses pembangunan saya sudah riset kesana kemari mencari harga bahan bangunan yang murah. Jangan sepelekan uang Rp 1000. Contoh harga kawat selisih Rp 1000 antara toko bangunan dekat rumah dan agak jauh. Saya lebih memilih toko yang agak jauh karena lebih murah. Kalau jumlah kawat yang saya beli ada 100 batang berarti saya sudah bisa berhemat Rp 100 ribu lho (ini hampir bisa buat membeli 2 zak semen!).
4. Rumah tumbuh. Bagi saya rumah tidak perlu sempurna untuk ditempati. Asal sudah memenuhi syarat minimal dan aman maka saya akan menempatinya. Seiring waktu nanti saya akan menambahkan bagian-bagian lain untuk lebih menyempurnakannya. Kalau serba menunggu sempurna maka kapan akan memulainya?
5. Material lokal. Dah pasti pakai ini seperti semen, pasir, bata, kapur, kawat, dll. Lagipula harga material lokal tidak terpengaruh kurs. 
FB: Susilo ahmadi
Nama: Susilo ahmadi  
 #123ResolusiPilihan

Vriana Indriasari

Rabu, 23/01/2019 10:26

Selamat kamu terpilih menjadi pemenang #123ResolusiPilihan kirimkan biodata lengkap (Nama+ Alamat Pengiriman+ Tlfon) untuk proses pengiriman hadiah melalui pesan di sosial media Rumah123.com Ditunggu paling lambat Jumat, 25 Januari 2019.

Dio Kriswara

Senin, 31/12/2018 22:59

Artikel ini sangat menarik untuk dibaca. Kita jadi tau Trik Bangun Rumah Biar Efisien. Ada 7 Triknya, yaitu :

1. Siapkan rencana pembangunan rumah
2. Pilih desain yang cocok menurut kita
3. Cari harga material bangunan yang murah tapi dengan kualitas tinggi
4. Pilihlah tukang bangunan yang sudah profesional, yang ahli dibidangnya
5. Lakukan secara bertahap-tahap, tidak perlu buru-buru ingin cepat selesai tapi dana terbatas
6. Gunakan saja material lokal yang kualitasnya bagus, tidak perlu material impor yang harganya mahal.
7. Buat ruangan multi fungsi agar tidak perlu banyak ruangan di rumah dan perlu biaya yang tidak sedikit
#123ResolusiPilihan

My Account :
FB : Dio Kriswara
TW & IG : @sandiowara