Gini Cara Menurunkan Tagihan Bulanan Rumah!

Kamis, 19/10/2017 11:34

By : Vriana Indriasari | Consumer

Tips & trick

Ada banyak cara gampang dan murah yang bisa kamu lakukan untuk mengirit biaya listrik dan gas. Mau tau apa aja?

1. Dinginkan Ruangan Secara Tepat

Untuk setiap satu derajat kenaikan alat pendingin, penggunaan listrik akan naik kira-kira 5 sampai 10 persen. Agar biaya listrik tetap terkendali, kamu dapat menghemat listrik dengan menutup pintu-pintu rumah dan memanaskan atau mendinginkan kamar-kamar yang kamu gunakan saja.

Kamu juga bisa mengaktifkan mode econo atau mode hemat listrik di malam hari dan jangan lupa untuk mematikan AC saat akan meninggalkan rumah. Kipas angin adalah cara jitu untuk mendinginkan ruangan selama musim kemarau. Ruanganmu bisa lebih dingin 3-8 derajat dengan kipas angin. Biaya energinya lebih murah, sehingga kamu tak perlu menyalakan AC ketika suhu ruangan tidak terlalu panas.

2. Gunakan Perkakas Rumah dengan Bijak

Lampu yang menyala ketika 'perkakasnya sedang tidak' digunkan, semisal oven gelombang mikro, televisi, dan perangkat game, dapat menghabiskan 10 persen dari biaya listrik. Jika ada lampu atau jam kecil—alat ini menggunakan listrik.

Biaya penggunaannya dapat dikurangi dengan mematikan listriknya di tembok ketika sedang tidak digunakan, menyingkirkan lemari es atau lemari pembeku tambahan yang tidak perlu, dan mengeringkan pakaian di tali jemuran daripada di mesin pengering.

3. Kurangi Penggunaan Air Panas

Air panas memakan biaya sekitar 25 persen dari rata-rata biaya listrik rumah. Cara mengurangi penggunaan air panas termasuk mencuci pakaian dengan air dingin dan baru menyalakan mesin cuci pakaian kalau pakaian sudah cukup memenuhi mesin cuci itu, memasang kepala pancuran air yang tidak deras (low-flow) dan mandi cukup sebentar saja.

4. Pilih Perkakas yang Efisien

Perkakas rumah tangga dapat menghabiskan sepertiga dari biaya listrik rumahmu. Jika kamu membeli lemari es, televisi, mesin cuci, mesin pengering pakaian, atau pendingin ruangan yang baru, lihatlah tanda/label kebutuhan listrik (Energy Rating)—semakin banyak tanda bintangnya semakin sedikit listrik yang digunakan perkakas itu.

Perkakas yang banyak bintangnya mungkin sedikit lebih mahal. Akan tetapi, memilih perkakas yang lebih murah tapi kurang efisien dapat makan lebih banyak biaya untuk jangka panjang.

5. Tutup Jendela 

Tirai jendela dan kaca film akan mencegat sebagian panas matahari sebelum memasuki rumah mu. Lapisan jendela dapat mengurangi panas matahari hingga 77 persen, menurut Departemen Energi. Tirai dengan lapisan plastik berwarna putih dapat mengurangi kenaikan panas sebesar 33 persen.

Semakin banyak panas yang kamu cegah memasuki rumah, maka semakin murah tagihan energimu. Selain itu, dengan memperbanyak pohon atau semak yang ada di sekitar rumah, semakin kecil kemungkinan matahari bisa mencapai bagian dalam hunian.


Yuk, laksanakan segera!