Awas, Hal Sepele ini Bakal Bikin Kantongmu Jebol!

Selasa, 17/10/2017 16:01

By : Vriana Indriasari | Consumer

Tips & trick

904

Terkadang, kamu gak menyadari kalau hal-hal sepele ini bisa menggerogoti kantongmu. Tau gak apa aja? Nah, ini dia:

  1. Sering ke Tempat Nongkrong

Saat ini, yang namanya tempat nongkrong semakin menjamur saja. Dari yang biasa-biasa saja, yang unik, hingga yang keren abis. Sebagai anak milenial, tempat nongkrong kamu mungkin bergeser ke kafe-kafe yang memang kini sudah umum jadi tempat untuk bersosialisasi atau berkomunitas. Selain menjual makanan, tempat-tempat ini sekaligus menjual 'suasana'.

Makan masakan di rumah mungkin kamu sudah jarang. Tanpa kamu sadari kebiasaan sepele ini berdampak pemborosan. Coba cermati, semisal sekali makan di luar rumah kamu menghabiskan uang Rp30 ribu, untuk lima hari kerja saja kamu sudah menghabiskan Rp150 ribu. Sebulan bisa mencapai Rp600 ribu. Itu belum termasuk biaya transportasi dan biaya lainnya yang harus kamu keluarkan.

Bayangkan kalau Rp600 ribu itu kamu investasikan ke reksadana misalnya. Beberapa produk reksadana unggulan bisa memberikan imbal hasil hingga 15% per tahun. Jika ini rutin dilakukan, hanya dalam waktu 2 tahun, imbal baliknya bisa mencapai sekitar Rp16,8 juta. Lumayan bukan untuk menambah dana uang muka rumah?

  1. Tak Tahan Diskon

Diskon sebenarnya ada baiknya juga, yakni kamu bisa mendapatkan produk dengan harga lebih murah dari harga normal. Selama kamu bisa menjaga diri untuk tidak konsumtif, maka membeli produk diskon bagus-bagus saja. Namun, kalau kamu tak tahan diskon, semua barang diskon kamu beli hanya karena ‘lapar mata’, maka jebollah kantongmu.

  1. Gampang Tergoda Tawaran SPG

Pahamilah, seorang salesman atau SPG yang andal, biasanya akan dibekali kemampuan untuk membujuk pelanggan agar tergoda membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. Ingat, ga semua produk yang mereka tawarkan merupakan kebutuhanmu. Iming-iming cash back bisa saja menggodamu. Pikir-pikir lagi apakah produk yang ditawarkan tersebut memang kamu butuhkan atau tidak.

  1. Tak Gunakan Produk Isi Ulang

Dengan produk isi ulang sebenarnya kamu sudah berperilaku hemat karena harganya lebih murah ketimbang membeli berulang-ulang produk dengan kemasannya. Air galon, sampo, sabun, kecap, dan sebagainya adalah contoh produk yang bisa dibeli isi ulang. Lebih-lebih barang tersebut biasanya merupakan produk kebutuhan sehari-hari.

  1. Melecehkan Uang Receh

Uang receh biasanya diabaikan dan dilupakan banyak orang. Kalau uang receh ini kamu kumpulkan dalam satu wadah, setelah beberapa waktu jumlahnya lumayan lho. Kamu mungkin tak mengira dari uang receh ini bisa diblikan barang berharga, So, jangan lecehkan uang recehan.

  1. Hobi Koleksi Barang Branded

Barang branded memang memberikan prestise tersendiri bagi pemakainya. Namun, harganya mahal. Padahal, untuk kualitas barang yang sama, kamu bisa mendapatkan produk lain meskipun bukan branded. Jika ingin berhemat, tidaklah bijak kamu membeli barang bermerek tanpa melihat produk lain yang lebih murah.

  1. Kebiasaan Ambil Uang di ATM Bank Lain

Kalau kamu mengambil uang di ATM bank penerbit kartu ATM-mu, tak ada biaya. Sesekali jika kondisi ATM bank yang kita tuju jauh dari lokasi ya tak mengapa mengambil uang di ATM bank lain. Namun, jangan jadikan kebiasaaan. Sebab, ada biaya yang dibebankan. Ini memang hal sepele, tapi untuk apa kamu membuang uangmu sering-sering meski jumlahnya kecil.

  1. Ikut Nge-gym untuk Gengsi

Untuk gaya hidup bugar dan sehat, tidak berarti kamu harus mengeluarkan biaya. Lebih-lebih jumlahnya ratusan ribu rupiah per bulan. Pilih saja olahraga yang tanpa biaya semisal lari pagi sekitar rumah atau aktivitas fisik lainnya yang gratis. Menjadi member pusat kebugaran (gym) biasanya biayanya mahal.

  1. Gaya Hidup Impulsif

Window shopping sih oke-oke sajalah! Tapi, kalau kamu mudah tergoda untuk membeli barang pada pandangan pertama, sebaiknya kegiatan ini kamu kurangi. Kalau kamu tergolong tipe orang yang mudah tertarik pada produk yang eye catching, sebelum memutuskan untuk beli, pikir lagi yang matang, apakah memang benar-benar barang tersebut kamu butuhkan atau hanya sekadar kamu inginkan.

  1. Sering Beli Camilan

Camilan memang bisa memanjakan lidah kita. Begitu banyak produk camilan saat ini yang menggoda kita untuk membelinya. Keripik, kacang, es krim, cokelat, permen, kue kering, dan lain-lainnya memang sayang dilewatkan. Harganya pun tak mahal.

Akan tetapi, kendalikan godaan yang satu ini. Pikirkan lagi, membelinya terus-menerus hanya akan membuat perusahaan yang memproduksinya bertambah kaya, sementara kamu untuk beli rumah saja kudu menabung bertahun-tahun.

Nah, udah tau dong hal-hal yang bikin kantong kamu jebol. So, mulai sekarang lebih waspada dan jangan gampang tergoda ya! SEMANGAT!