#123Kebaikan - Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC

Selasa, 30/05/2017 12:57

By : Vriana Indriasari | Consumer

Tips & trick

Puasa memang terasa lebih berat dengan iklim tropis di indonesia. Apa lagi bulan puasa yang jatuh pada musim kemarau kali ini. Suasana yang panas dan lembab bisa membuat kamu ngerasa lebih nyaman menghabiskan waktu di dalam rumah yang ber-AC.

 

Tapi, kenyataannya gak semua rumah memiliki AC atau Air Conditioner. Terus apa ya solusi buat bikin rumah sejuk? Tenang, ada kok cara – cara di bawah ini yang bisa bikin rumah kamu awet sejuknya di bulan Ramadhan.

 

Tanaman Hijau

Dengan banyak memasang tanaman hijau, kamu bisa menambah suasana sejuk nan asri di rumah kamu. Ditambah lagi, jika kamu memadukan tanaman hijau kolam kecil di teras rumah. Gak usah khawatir, kamu bisa DIY atau Do it Yourself  kolam kecil tersebut dengan manfaatin pot tanaman/bunga berukuran besar yang gak dipakai.

 

Kehadiran tanaman ini bisa mengurangi temperatur 3 – 6 derajat di rumah kamu lho! Rumah kamu pun terasa segar di tengah teriknya matahari siang hari. Utamakan ruangan yang paling banyak terkena sinar supaya lebih teduh.

 

Penataan Warna Ruangan

Pernah dengar kalau warna itu mengubah emosi dan mood kamu?

Bener banget! Secara psikologi warna bisa dengan nyata mempengaruhi suasana ruangan di rumah kamu. Jadi, selama bulan puasa sebaikanya kamu mulai menata ulang dekorasi rumah kamu , tepatnya dengan warna putih dan biru.

 

Warna – warna ini bisa dengan ampuh menurunkan suasana gerah di siang hari. Warna putih pada tirai khususnya bisa memantulkan panas ruangan dari dalam rumah. Hindari juga pemakaian warna gelap yang bisa menyerap panas dan meningkatkan suhu ruangan.

 

Pemilihan Furnitur

Selama bulan puasa sebaikanya kamu mulai cermat memilah dan memindahkan letak furnitur kamu berdasarkan bahan dasarnya.

Jangan sampai meletakan furnitur yang terbuat dari batu – batuan, plester, atau aspal di dalam ruangan yang sering terkena matahari karena kemampuan mereka untuk menyerap panas.

 

Sering – sering juga menutup jendela dan tirai jendela yang menghadap langsung ke arah matahari (timur pada pagi hari dan barat di siang hari),

Supaya panas tidak masuk ke dalam ruangan. Ini adalah cara efektif untuk menjaga panas tetap berada di luar rumah.

 

Gimana? Ternyata sejuk tuh ga harus pake AC loh..

Kalo menurut kamu artikel ini bermanfaat, share dong ke sosial media kamu. Siapa tau jadi bermanfaat juga untuk teman kamu di luar sana.

Jangan lupa yah, sharenya pake hashtag #123Kebaikan

Kebaikan, jangan ditahan.

 

Comment (s)

Wuni Anggraini

Selasa, 30/05/2017 13:50

wah ternyata sejuk gak harus pake ac ya, share ah biar orang2 baca dan gak kepanasan lagi setelah ikutin tips ini, bermanfaat banget waktu lagi cuaca panas panas gini pas puasa:)

#123kebaikan

facebook: wuni anggraini
twitter: @wunianggrainii

nur dhuha zulfatul aliyya

Kamis, 08/06/2017 01:59

alasan pilih share artikel ini karena kegiatan kegiatan saat ramadhan sangatlah padat, dan tak dapat dipungkiri bahwa hal ini membuat badan cepat letih, capek dan lapar..oleh karena itu, tubuh sangat perlu asupan asupan makanan seperti dibawah ini agar tidak cepat lapar, :)

nur dhuha zulfatul aliyya

Kamis, 08/06/2017 02:00

eh kak, ini akunku kok gak bisa buat komen ya.? tapi kalo buat reply komennya kakak kok bisa.?? maaf :)

Muhammad Firmansyah

Selasa, 30/05/2017 13:57

Alhamduliah mendapatkan artkel bermanfaat lagi.. saya akan menyoba tips dari rumah123.com... terimakasih atas artikel ya semoga bermanfaat ya..

Ini harus di shere karena tak pakai AC bisa sejuk ko cocok buat bulan ramadhan yang cuaca ya panas

Twitter : @firman_fcaa
FB: Muhamad Firamsyah
#123Kebaikan

Nayla Alessa

Selasa, 30/05/2017 14:06

Selain 3 tips diatas, ada juga loh cara agar ruangan rumah tetap sejuk. Plafon atau langit2 yang tinggi pun bisa terasa lebih sejuk dan luas. Trs pake kipas juga ya, selain menghemat biaya juga bisa menurunkan suhu antara 6-7 derajat lah.

Terus pake pakaian yang tipis2 ya klo dirumah :)
Pasti banyak temen2 diluar sana yang mengabaikannya, maka dari itu aku ijin share ya.
#123Kebaikan

Fb: Nayla Putri Alessa

Agung kristiono

Rabu, 31/05/2017 12:47

wah tips ya nambah lagi, jadi bagus

Della Hardiyanti

Selasa, 30/05/2017 14:07

Nice Idea, buat yang ga punya budget buat beli ac ini bagus banget boleh di contoh nih, jadi kita bisa memanfaatkan tanaman hijau jadi ruangan lebih ecogreen dan mengurangi efek rumah kaca karena pemakaian ac yg berlebihan, trus penataan warna ruangan ya hitung-hitung buat suasana lebaran nanti jadi tampilan warna memang sangat mempengaruhi dari suhu di ruangan tersebut, dan terakhir buat yg punya budget lebih boleh di memanfaatkan uang nya untuk membeli furniture baru agar suasana di rumah lebih terasa nyaman, dingin, dan rapi serta menutup jendela dan tirai juga boleh soalnya aku juga suka ngelakuin hal itu di rumah, jadi di saat di luar terasa panas klo jendela di tutup jadi ga terlalu terasa panas lagi deh.. #123Kebaikan Facebook : dellahdy Twitter : @delahardiyantii

Rudy Surbakti

Selasa, 30/05/2017 14:14

artikel yang cukup bagus.., hitung-hitung menghemat biaya hidup, rumah sejuk tanpa AC, dan lebih sehat karena sejuknya alami

fb : PropertyMedan
#123Kebaikan

dwiki dharmawan

Selasa, 30/05/2017 14:41

Tips yang sangat berguna bagi pemakai AC. Selain untuk menghemat listrik, artikel diatas juga bisa membantu mengurangi dampak pemanasan global. Tumbuhan yang hijau di dalam rumah membuat suasana menjadi lebih sejuk dan pikiran menjadi lebih fresh. Selain itu, secara tidak sengaja kita juga memberi pelajaran bercocok tanam bagi anak anak kita.


Pemilihan warna setiap ruangan juga penting untuk merefresh pemandangan yang setiap hari kita lihat. Dengan warna yang tidak monoton, membuat otak kita mendapatkan gagasan-gagasan kreatif yang belum terfikirkan.

Untuk didalam rumah, mungkin lebih baik jika diberi akuarium. Nuansa air dari akuarium membuat kita yang sedang berpuasa menjadi lebih sejuk.

#123Kebaikan
Twitter : @DwiikiSat

dwiki dharmawan

Selasa, 30/05/2017 14:46

@DwikiSat

Joseph Hermanto

Selasa, 30/05/2017 14:44

Menebar kebaikan pada bulan Ramadan  tidak hanya dengan memberikan kebaikan yang langsung seperti memberikan santunan kepada duafa dalam bentuk dana/ makanan, tetapi dengan cara memperbaiki cara hidup dari kita sendiri agar dapat membantu orang lain dengan cara melestarikan lingkungan agar hidup lebih nyaman dan menyehatkan.

Artikel di forum https://forum.rumah123.com/article-4714-123kebaikan-tips-bikin-rumah-sejuk-tanpa-ac ini mengajarkan kita bagaimana menghemat penggunaan energi agar dapat melestarikan lingkungan hidup lebih baik terutama bagi keturunan dan kehidupan keseluruhan manusia setelah kita.

Hal kecil yang seringkali disepelekan dan tidak ada pamrihnya, tetapi impactnya untuk masa-masa ke depan sangat besar.

Menyebar kebaikan itu bukan selalu harus terlihat dan tidak ada balasannya loh.

#123Kebaikan

Twitter: @JOSTHermanto
FB: Joseph Hermanto

dwiki dharmawan

Selasa, 30/05/2017 14:45

Twitter : @DwikiSat


Yang tadi salah

Teti Diana

Selasa, 30/05/2017 14:54

Artikel simpel soal mudahnya berhemat listrik dan membudidayakan hunian konsep green living. kece! 
#123Kebaikan


twitter: @tetidiana

Februarinta Yuastanti

Selasa, 30/05/2017 15:37

Kebetulan artikel ini memiliki kesamaan dengan rumah saya yang menganut aliran Scandinavian. Saya sangat setuju bahwa basic warna putih bisa memberikan kesan sejuk dan juga luas sehingga rumah kita sangat nyaman untuk dihuni.

Dan ya mood dalam kehidupan memang penting dalam kita melangsungkan kehidupan. Artikel ini bermanfaat karena kebetulan saudara saya berumah tidak terlalu besar dan butuh sedikit masukan. 
Senangnya berbagi 
#123Kebaikan

Twitter: @Fdey21
Fb:  https://www.facebook.com/februarinta.chili

ruslan wardani

Selasa, 30/05/2017 16:04

Menurut saya artikel ini sangat bagus sekali karena memang benar salah satu ujian berpuasa di musim kemarau ini adalah cuaca yang panas dan lembab. Dengan artikel ini sangat membantu saya. tips tips  yang sudah di jelaskan di artikel ini sangat simple dan efektif

#123Kebaikan

Kebaikan, jangan ditahan.

Twitter : @Ruslanwardani

 

achmad ridwansyah

Selasa, 30/05/2017 16:31

Bisa juga di coba di rumah sekarang nih,kebetulan cuaca ramadhan saat ini panas banget,sambil ngabuburit kita coba cara-cara yang mimin rumah123 paparkan tadi diatas,mudah-mudah an suasana yang terasa jadi adem.Harus dibagikan nich atrtikel sama sohib-sohib sekalian biar AC nya dimatiin hemat listrik kan jadinya. ini namanya #123Kebaikan


https://twitter.com/Reedwanachmad
https://www.facebook.com/Reedwanachmad

yuli ramelan

Selasa, 30/05/2017 16:34

ohh jadi ini kenapa sering di satu ruang kita terasa sejuk disiang hari tapi panass di sore hari, karena terpapar sinar matahari makanya hrs pandai menata ruang sesuai arah sinar yang masuk kerumah ya.. dan tanaman hijau selalu menolong kehidupan

tips yang cocok banget buat hidup di tengah global warming skrg ini,, cuaca semakin lama semakin panas... ditengah tarif listrik yang tiap 2 bulan sekali naik cocok banget untuk menghemat biaya dan energi...

#123kebaikan

facebook : https://www.facebook.com/yuli.ramelan
twitter : @oying19

Salman Alfarisi

Selasa, 30/05/2017 16:53

wowww.... ini bermanfaat untuk saya yang rumahnya tidak pakai ac untuk berhemat listrik. tips ini sangat saya sukai karena simple untuk di lakukan. buat yang lain menggunakan ac cobalah untuk tidak menggunakannya karena apa? listrik jadi mahal coyy... hehe kalo mau mneggunakan ac juga gapapa si. ini hanya untuk orang yang punya gaji sedikit sehingga tidak cukup untuk bayar listrik yang mahal jika menggunakan ac... ayo mari tebarkan kebaikan di bulan suci ramadhan dengan cara menshare artikel yang sangat bermanfaat yang ada di rumah123.com dan nantikan kejutan menarik lainnya hanya di rumah123.com

#123kebaikan

Facebook: Salman Alfarisi ( https://web.facebook.com/profile.php?id=100006037960801 )
Instagram: @salm.anfarisi ( https://www.instagram.com/salm.anfarisi/ )

Novi Hardiyanti

Selasa, 30/05/2017 19:00

Karena gak semua ruangan di rumah pake AC, nerapin tips diatas boleh juga, apalagi dengan menanam tanaman, biar bisa mengurangi pemanasan global dan manjain mata kalo liat yang hijau2.


facebook: Novi Hardiyanti Dewi
twitter: novihrdy

Emma Yuliani

Selasa, 30/05/2017 20:31

Artikel ini sangat bermanfaat untuk rumah yang tanpa AC..apalagi di bulan ramadan sedangkan cuaca panas dan matahari bersinar sangat terik, dengan adanya artikel ini akan menjadi inspirasi.


#123Kebaikan
https://www.facebook.com/emma.yuliani.3
Twitter : @emmayuliani

Verry Vernon

Selasa, 30/05/2017 21:13

Memperbanyak tanaman dirumah juga ada sisi tidak baiknya, selain jadi tempat nyamuk juga pengurangan kadar oksigen pada malam hari. Namun tetap lebih banyak juga kok sisi positif penanaman tanaman dalam rumah. Dan tips2 lainnya sangat mudah diaplikasikan didalam rumah kita. Keren untuk tips nya #123Kebaikan
@miracle_verry

Rio Wijaya

Selasa, 30/05/2017 21:18

Tips yang sangat bermanfaat, sederhana dan mudah diterapkan. Pas banget nih diterapin dirumah karna kebetulan belum pake AC apalagi cuaca surabaya akhir-akhir ini panasnya pake banget #123Kebaikan @wijapuccino

Sara Kristiana Rahardiani

Selasa, 30/05/2017 21:25

Penggunaan AC memang menjadi cara yang mudah untuk menyejukkan ruangan. Tapi aku baru tau ternyata penggunaan AC secara terus menerus dapat menyebabkan beberapa efek samping, yang paling mengejutkan adalah terjadinya syndrome bell palsy pada penggunanya! FYI, Bell Palsy merupakan suatu gejala dimana terjadi kelumpuhan, baik sesaat maupun permanen pada separuh bagian dari otot wajah. Hal ini menyebabkan sebagian dari wajah anda yang mengalami bell palsy tidak dapat digerakkan dan juga mati rasa. Ngeri juga ya.


Sebagai mahasiswi desain interior, saya merasa artikel ini sangat bermanfaat karena tips-tips yang rumah123.com berikan dapat membantu saya dalam mendesain rumah dengan baik dan ramah lingkungan.

Terimakasih banyak sudah berbagi kebaikan! Kebaikan ternyata dapat dibentuk dari hal-hal kecil! #ONLYLOVENOHATE

#123Kebaikan
Facebook: https://www.facebook.com/Rarahardiani
Twitter: https://twitter.com/rarakera

Nurhamid

Selasa, 30/05/2017 22:15

Solusi bikin rumah lebih sejuk gak mesti pake AC, artikel ini memang sangat bermanfaat dan memberi solusi yang tidak kita bayangkan. 

Perbanyak Tanaman Hijau di saat musim kemarau memang lebih manjur tuk menyejukkan rumah, serta pewarnaan cat rumah harus lebih cerah dan ceria, selain buat mood kita lebih senang dan walaupun sedang panaspun tidak bikin gerah, terakhir peletakan furnitur yang mudah penghantar panas di taruh ke tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari. Dari ketiga solusi tersebut saya sudah mengikutinya memang keadaan dalam rumah lebih sejuk dan tanpa perlu pakai AC, terima kasih atas artikelnya Rumah123.com sangat bermanfaat.
#123kebaikan
Twitter : @pirhamidd
Facebook : fb.com/hamid.raffles

Angga Suryana Putra

Rabu, 31/05/2017 00:33

Wah ini harus di share ni, Informasinya bermanfaat banget dan bisa membantu teman-teman yang belum tahu di luar sana, sekaligus menebar kebaikan dengan share kebaikan juga. Apalagi abis puasa itu lebaran, biasanya rumah itu direnopasi atau ganti warna cat, dengan artikel ini siapa tahu bisa rerinspirasi. #123Kebaikan

Fb: Angga S N
Twitter: @Realanggasn

Ahmad Fauzan

Rabu, 31/05/2017 04:26

Artiker ini cocok untuk kita share dan bermanfaat untuk kita semua agar kita semua bisa betah dan nyaman berada dirumah dan bisa membuat diri kamu menjadi lebih kreatif dalam mendekor rumah agar terlihat nyaman 


Twitter : @ojaneojan_
FB : Fauzan

Siti N

Rabu, 31/05/2017 06:01

Tips yg sangat bermanfaat, sejuk tanpa ac selain lebih hemat jadi lebih sehat juga karena sejuknya alami. Artikel ini wajib dishare agar orang lain mendapatkan manfaatnya juga. 


#123Kebaikan 
Facebook: Siti Zamharotun N 
Twitter: @zamz4me 

Febria Loita

Rabu, 31/05/2017 09:54

Sekarang saya baru tahu,  bahwa nembuat rumah terasa sejuk bukanlah hal yang sulit walaupun tanpa Ac,  maka dari itu saya pun membagikan artikel ini supaya teman-teman sekalian dapat mengetahui tips tersebut.  #kebaikan123


Facebook: febria enda loita ginting
Email facebook: loitashay@ymail.com

imam bashori

Rabu, 31/05/2017 09:59

Alhamdulilah dapat artikel yang bermanfaat dari rumah123.com.

semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan orang yang ingin membuat rumah baru.
terimakasih atas artikelnya Rumah123.com.

#123Kebaikan
Fb : Kang Mas Mawon

Read more at https://forum.rumah123.com/article-4714-123kebaikan-tips-bikin-rumah-sejuk-tanpa-ac#Hv58rzASBfjEB71t.99

Muhammad Harits Arfan

Rabu, 31/05/2017 10:29

nah ini dia artikel yang dicari, akhirnya ketemu juga, sangat beramanfaat sekali untuk menghadapi cuaca panas disaat ramadan, jadi semakin kuat dan nyaman menjalani puasa, apalagi kalau di isi kegiatan yang bikin betah dirumah https://forum.rumah123.com/article-4705-123kebaikan-3-kegiatan-yang-bisa-bikin-betah-di-rumah-selama-puasa, jadi makin sempurna kegiatan ketika selama dibulan Ramadan ini, 


Terimakasih rumah123.com Telah memberikan artikel yang banyak manfaatnya ^_^
Kebaikan Jangan ditahan

#123Kebaikan
Twitter : @M_HaritsArfan
Facebook : www.facebook.com/muhammad.h.arfan


Herdi Purwoko

Rabu, 31/05/2017 11:01

Buat yang menginginkan design rumah perlu baca artikel ini    



#123Kebaikan

FB : www.facebook.com/herdi.purwoko

Twitter : @reyndi

andi asrianti yasri SE

Rabu, 31/05/2017 11:04

Artikelnya sangat bermanfaat, bagi saya dan jg mngkin bagi tmn diluar sana yg belum sanggup membeli AC dalam kondisi yg skrng ini cuaca yg sangat panas apalagi saat" berpuasa ini! Thanks rumah123 tipsnya #123Kebaikan Tw: @andiecha61 , FB: Andi Echa

aslan sadli

Rabu, 31/05/2017 12:35

ini dia tip dan trik agar tetap sejuk gak usah pake ac2 an segala. rumah sejuk tetap hemat sungguh berguna bagi sesama.
#123Kebaikan twit: @aslankds

KOSASIH

Rabu, 31/05/2017 12:47

Baca ini Jadi tertarik untuk mencoba tips yang dibagikan di artikel ini. Bia tetap sejuk dan hemat listrik.

akun fb : https://www.facebook.com/ayah.faris.564

Agung kristiono

Rabu, 31/05/2017 12:50

wah artikel yang bermanfaat, apalagi di bulan puasa ini yg cuaca ya cukup panas, sy tertarik yang 1, dimana kita memasang tanaman hijau, selain bisa menahan panas, ada ya tanaman hijau juga memperindah rumah, dan menyejukkan mata dan pikiran


#123kebaikan
https://www.facebook.com/agung.kristiono.5
twitter @agungkristiono

Dolly Tanzil

Rabu, 31/05/2017 14:23

Artikel yang sangat menarik, artikel yang wajib di share karena semua orang harus tahu ini. Sejuk ga harus pakai AC, apalagi belakangan ini tarif listrik naik, tentu akan sangat boros apabila harus menggunakan AC. Dengan tips diatas juga membuat kita harus lebih memperhatikan tata ruang rumah dan taman. Dengan cuaca di Indonesia yg relatif panas tentu kita harus membuat rumah kita nyaman untuk ditinggali #123Kebaikan

.
.
Facebook : Dolly Tanzil
Twitter : @Dtanzil08

Carina Wahyu Retno Sari

Rabu, 31/05/2017 14:45

Memiliki rumah yang sejuk merupakan keinginan setiap orang, terlebih lagi bagi masyarakat yang berada di kota besar, misalnya saja di Surabaya yang terkenal akan panasnya. Sehingga hampir semua rumah yang berada disini memiliki AC untuk menghilangkan hawa panas tersebut. Akan tetapi tak banyak yang tahu bahwa untuk mensiasati hal tersebut ada tips dan trik dari Rumah123.com agar rumah kita tetap sejuk meskipun tanpa AC. Rumah yang terasa sejuk akan memberikan efek yang baik juga untuk para penghuninya. Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat bagi rekan-rekan saya yang sebagian besar mengalami masalah tersebut. Sayapun juga terbantu dengan adanya artikel ini. Terima kasih Rumah123.

#123Kebaikan
Facebook : https://www.facebook.com/carinawahyuretnosari
Twitter : @carinawahyurs

Hendriyanto Zaki Nur Rahmat

Rabu, 31/05/2017 14:49

Menyalakan Air Conditionair atau AC di rumah pada saat cuaca sedang panas-panasnya memang sangat menggoda namun kadang kita harus dipusingkan dengan tagihan listrik yang meningkat karena terlalu sering menyalakan AC di rumah. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar rumah tetap dingin meskipun tanpa menggunakan AC. #123kebaikan

FB: Hendriyanto Zaki Nur Rahmat
Twitter: @HendriyantoZaki

Aprina Retnaningrum

Rabu, 31/05/2017 14:53

Suhu udara panas, mesin Air Conditioner (AC) pun dianggap menjadi satu-satunya pilihan agar rumah menjadi sejuk. Padahal, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penggunaan AC tetapi rumah masih bisa tetap tidak panas dan bahkan terasa sejuk. #123kebaikan

FB: Aprina retnaningrum
Twitter: @aprina_ape

Ardi yan

Rabu, 31/05/2017 16:59

Ini artikel bermanfaat banget nih buat rumah yang tak ber-AC seperti rumah saya tapi pengen adem, apalagi di daerah saya kalau siang suhunya lumayan panas. Maka dari itu saya share artikel ini semoga menjadi solusi buat yang pengen rumahnya adem tanpa AC.


FB: Ardiyan
Twitter: https://twitter.com/ardiy_8

Dyka F

Rabu, 31/05/2017 22:01

Kebetulan ada saudara sedang bangun rumah di daerah jakarta. Berhubung dia selama ini terbiasa tinggal di kota Bandung yang udaranya masih cenderung sejuk, sekalipun dirumahnya terpasang AC, hampir tidak pernah dinyalakan karena memang jarang sekali cuaca panas & menurutnya udara dari penyejuk udara tidak bagus untuk kesehatan. Rasanya artikel ini pas kalo saya share, supaya tipsnya bisa langsung diaplikasikan di rumah barunya.

#123Kebaikan


Dex Ado

Rabu, 31/05/2017 22:05

Listrik mahal, sepertinya tips ini sangat layak coba untuk mengurangi pemakaian AC


FB: https://web.facebook.com/dex.ado

siti maesaroh

Rabu, 31/05/2017 22:13

Menurut saya Artikel ini bermanfaat dan harus di Share.
Alasannya karena Rumah adalah tempat dimana kita tinggal, beristirahat, bercengkrama bersama keluarga dan tempat berbagi kasih sayang. Apapun akan dilakukan untuk membuat Rumah nyaman, sejuk dan indah. Tips Rumah Sejuk tanpa AC bisa membantu saya khususnya dan teman - teman saya yg kebetulan di Rumahnya gak ada AC apalagi sekarang pada Waktu Bulan Suci Ramadhan pada saat musim kemarau ^_^
Twitter :  @meylani39
#123Kebaikan

Dyan Ulfiara

Rabu, 31/05/2017 23:26

Saya memilih artikel ini karena ini cocok sekali dengan saya yang tinggal di pinggiran kota Jakarta yang panas tips ini sangat bermanfaat sekali, saya tidak sabar ingin mencobanya #123Kebaikan

Dyan Ulfiara

Rabu, 31/05/2017 23:33

Saya memilih artikel ini karena ini cocok sekali dengan saya yang tinggal di pinggiran kota Jakarta yang panas tips ini sangat bermanfaat sekali, saya tidak sabar ingin mencobanya #123Kebaikan
Twitter : @Nizawani

FB : Dyan Ulfiara

rahma yuliana

Kamis, 01/06/2017 05:50

tips ini kece banget buat di share dan dilakukan dirumah sendiri!
pasti bermanfaat banget buat kita untuk membantu mengurahi pemakaian ac, selain untuk menghemat listrik, terlalu lama menggunakan ac ternyata bisa menyebabkan dehidrasi kulit.
setelah baca artikel ini langsung kepikiran browsing dampak negatif dari ac, ternyata bisa bikin dehidrasi kulit yang mengakibatkan penuaan dini, dan ada lagi dampak negatif lainnya. ga sadar ya kita selama ini.
hmm gimana ya, namanya juga udah kebutuhan, apa lagi dikota-kota yang panas seperti Jakarta.
tapi tenang dan lega setelah baca artikel ini bikin aku jadi tau tips mengatasinya, dan ini tips juga oke banget untuk  untuk dishare ke teman-teman yang ada di medsos, agar mereka juga tau ada solusi dari Rumah123.com yang oke ini, dan bisa segera kita terapkan dirumah kita :)
pasti deh bermanfaat..
Rumah123.com peduli ke aku,  Rumah123.com peduli ke kita,
kitapun peduli ke yang lainnya untuk membagikan tips ini ke semua sodara sebangsa dan setanah air hehee

Rumah123.com berbagi
Rumah123.com peduli
Rumah123.com kece
Rumah123.com sayang lingkungan
Rumah123.com sayang aku
Rumah123.com sayang kita semua
Rumah123.com berpahala
Rumah123.com berkah
Rumah123.com sukses!

#123Kebaikan
twitter : @jucanaztha

Sandi Ramadhan

Kamis, 01/06/2017 12:47

wah alham.. dapet artikel yang bermanfaat banget , di bulan puasa ini meman gsedikit mulai peralihan cuaca juga walopun masih ada hujan yang ga tentu, di kontrakan saya memang kondisi nya panas dan gerah apalagi klo siang rasanya kaya di oven . setelah baca ini ternyata saya baru tau cara untuk mengatasi supaya kontrakan saya ga terlalu panas .. makasih banyak Rumah123 ak bakalan ngeshare artikel ini karena bermanfaat banget ..

FB : @sandie obogh
Twitter @obogh

suwandi

Kamis, 01/06/2017 13:19

setuju sekali..perbanyaklah menanam tanaman di halaman sebab dengan udara yang alami tentunya akan lebih sehat dan dengan tidak menggunakan ac tentunya akan semakin menghemat listrik #123Kebaikan

fb : suwandi ayong
twitter : @suwandi_ayong

Read more at https://forum.rumah123.com/article-4714-123kebaikan-tips-bikin-rumah-sejuk-tanpa-ac#gSXYi5lcAEBE3fZA.99

Joanna Tania

Kamis, 01/06/2017 14:10

Wah, ini artikel yang sangat menarik untuk di Share, apalagi untuk kita para pengguna AC. Kadang suka bingung gimana caranya mengurangi pemakaian AC yang terus menerus, dan mengakibatkan tagihan listrik mahal dan AC jadi cepat rusak. Ternyata ada juga cara yang ga susah untuk membuat ruangan sejuk tanpa AC, jadi AC bisa gak cepat rusak dan bisa mengurangi tagihan listrik. Selain itu, pengurangan pemakaian AC juga dapat berdampak bagi lingkungan loh, plus kita juga bisa dapat suasana baru di rumah! Bermanfaat banget nih!


Twitter : @joanna_tania

Halla Yunissa

Kamis, 01/06/2017 14:40

Oh ternyata bikin rumah sejuk itu tidak harus selalu pakai AC ya? bisa juga dengan tanaman ternyata, selain sejuk pasti rumah juga menjadi indah dipandang deh.
Sip deh tiips-tips nya berguna banget, sangat sangat sangat perlu di share nih, makasih yaaaaaaa^^  #123Kebaikan

fb : Halla Iskan

Nurhasanah

Kamis, 01/06/2017 15:04

Hampir semua orang pastinya tidak suka dengan cuaca panas karena mengganggu aktivitas dan bikin tubuh cepat lemas,  apalagi saat puasa seperti ini,  dan rumah yang sejuk tentunya jadi tujuan utama orang2 setelah lelah beraktivitas di luar,  hanya saja Tidak semua orang mempunyai AC di rumah mereka, makanya saya mau share Artikel ini karena artikel ini bisa jadi inspirasi buat mereka yang ingin rumahnya sejuk tanpa membeli AC,  selain murah meriah jika dengan menerapkan Tips &  Trick  di atas Kita juga membantu mengurangi pemanasan global,  jadi pastinya artikel ini akan bermanfaat sekali bagi teman2 #123Kebaikan 

Facebook : Nurhasanah Pradikta 
Twitter : @prafnrs 

Pariyah Riya

Kamis, 01/06/2017 15:36

AC yang dipilih sebagian masyarakat untuk menyejukkan rumah mereka. Padahal dibalik pendingin ruangan itu sendiri memunculkan banyak masalah. Seperti kulit kering yang diakibatkan oleh kurangnya pelembab. Selain itu, AC menimbulkan keborosan listrik. Diantara barang elektronik di rumah, yang membutuhkan tegangan lebih besar adalah AC. Pastinya membutuhkan biaya yang besar pula. Kita menghidupkan AC 1 jam kemungkinan kita bisa menghabiskan sekitar Rp.100. Kalau dikalikan satu hari? dikalikan satu bulan? Belum di rumah kamu ada beberapa AC. Terus kalau ACnya rusak, perbaikannya mahal lho. Satu lagi, AC itu dapat menyebabkan cairnya es di kutub utara (Global Warming). Oleh karena itu, aku share artikel ini karena mengajarkan kita dalam sebuah kesederhanaan. Membuat rumah sejuk tak perlu menghabiskan banyak biaya. Dan pikirkan juga akibatnya. Ayo ubah pikiranmu!!! Kalo ada yang sederhana ngapain harus mewah? Kalo ada yang tahan lama ngapain pilih yang gak awet? Kalo ada yang murah ngapain nyari yang lebih mahal? 
Hemat itu pangkal kaya.
Fb : Pariyah Riya #123Kebaikan

Umaida Lutfiana

Kamis, 01/06/2017 23:35

Pemilihanan design dan tata ruang yang sesuai dengan lingkungan serta cuaca sngat penting saat membangun rumah. Cuaca panas di Indonesia yang kebetulan pas banget di bulan puasa ini tekadang manjadi godaan tersendiri dan menjadi keluhan orang kebanyakan. Nah.. untung ada artikel dari rumah123 yang memberikan solusi yang amazing ini. Wajib di share supaya orang-orang yang baca bisa tahu trik dan tips yang super awesome. Wajib dicoba!

#123kebaikan
fb: facebook.com/ummaydha (Umaida Lutfiana)
twitter : @lutfiaumaida

Move Ronaldi

Jumat, 02/06/2017 05:02


Membuat rumah sejuk tanpa AC juga bisa menghemat sekaligus mengurangi tagihan listrik. Selain itu, juga bisa meminimalisir kerusakan lapisan ozon dan membantu melestarikan lingkungan dengan menanam tanaman hias di dalam rumah.

Facebook : https://m.facebook.com/muhamad.r.alvano.1?refid=8

Twitter: @nove_ronaldi

Nova Lindah

Jumat, 02/06/2017 09:37

Selamat Pagi ... Ah, pagi-pagi udah baca artikel dari rumah123 : Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC

Artikel ini benar-benar sangat bermanfaat, tipsnya benar-benar bagus dan sangat menarik. Memang benar, puasa yang dilakukan umat islam pada tahun ini jatuh di saat musim kemarau, dimana hawa panas akan sinar matahari benar-benar menyengat, baik di luar rumah atau pun di dalam rumah. Artikel ini membantu kita semua, khususnya untuk rumah yang tidak berAC agar dapat menikmati kesejukan dalam rumah. Dengan menambah tanaman di dalam rumah, penataan warna ruangan dan pemilihan furnitur. Artikel ini the bast dehh pokoknya.. #123Kebaikan | twt : @Nova_Lindah

Nuhan Herling

Jumat, 02/06/2017 10:36

Ini artikel cocok untuk orang-orang yang hidup di kota dengan suhu panas seperti surabaya, gresik, lamongan dan kota di pesisir pantai. Karena cuaca panas terkadang dapat mempengaruhi kualitas puasa seseorang, karena panas dapat membuat cepat haus karena terlalu banyak mengeluarkan keringat, dapat membuat tidak betah, dan cepat emosi, tentu kita memerlukan rumah yang sejuk untuk menghindari itu kaan, jadi bagi orang orang yang tidak memiliki Ac di rumah, mari lakukan tips ini untuk membuat rumah anda terasa lebih dingin.

#123Kebaikan

twitter : @nuhan_herling - https://twitter.com/nuhan_herling
Facebook : Nuhan Herling J - https://www.facebook.com/nuhanherling

Noor Arif Inderawan

Jumat, 02/06/2017 13:38

Artikel ini sangat bagus dan cocok untuk orang seperti saya yang tidak tahan pakai AC. Kalau pakai AC kadang badan saya kedinginan dan menggigil, kadang sampe bisa bikin saya masuk angin. Saya di rumah biasanya pakai kipas angin atau udara yang keluar masuk jendela utk mendinginkan tubuh. Terima kasih, tipsnya sangat bermanfaat sekali utk saya yang tidak kuat pakai AC karena kedinginan. Artikelnya sangat bermanfaat. #123Kebaikan

Facebook : Noor Arif Inderawan
Twitter : @arifuccino

Putri Ning Tyas

Jumat, 02/06/2017 23:39

Wahh, ini dia artikel yang selama ini saya cari, tips bagaimana membuat rumah menjadi sejuk tanpa AC. Terimakasih banyak rumah123.com ,tipsnya sangat bermanfaat. Harus di share ke media sosial nih #123Kebaikan . 

Akun Facebook : Putri N (https://www.facebook.com/cece.cici.9026) . 
Akun Twitter : @BlessPutri . 
Akun Instagram : @blessputri .

Dinanda Fortuna

Sabtu, 03/06/2017 01:17

Artikel yang sangat bermanfaat. Saya tertarik me-nge share karena saya pribadi orang yg tidak tahan sama dinginnya AC karena membuat kulit saya kering dari saya lebih suka udara alami dari ventilasi udara. Saya punya impian membangun taman kecil didalam rumah yg terbuka sehingga udara bisa masuk tidak masalah sinar matahari yg masuk karena saya menyukai tanaman asli untuk ditaruh ditaman dan sinar matahari bisa membantu tanaman berfotosintesis selain itu dapat menghemat listrik saat siang hari tanpa menyalakan lampu. Setuju sekali dengan pemilihan warna. Pemilihan warna sangat berpengaruh. Contoh saja saya pernah mengecat rumah saya pink dan ungu kesan rumah jadi warm. Menurut saya warna fresh itu adalah hijau muda, putih, kuning muda, biru muda yang memberikan kesan sejuk. Tak masalah jika rumah bewarna putih kalau ditambah tanaman pasti akan jadi sejuk setuju juga dengan point pertama. Point terakhir yg baru saya tau setelah membaca artikel ini adalah ternyata memberi kesan batu-batuan itu bisa bikin panas ya. Niatnya sih saya mau memberi batu-batuan untuk taman kecil saya, mungkin sebaiknya saya ganti dengan rumput sintetis saja kali ya. 

Thanks untuk artikelnya rumah123 sudah memberikan saya tips.

Akun facebook: Dinanda Devi Fortuna
https://m.facebook.com/nothingeverything06?refid=8
Akun twitter: @dinandadv

Julia Melinda

Sabtu, 03/06/2017 07:44

Bermanfaat sekali Terima kasih atas tips-tipsnya..

#123Kebaikan
FB : Julia Melinda

Ryan Aulia

Sabtu, 03/06/2017 13:45

Sangat cocok dipalikasikan di bulan Ramadhan 


#123Kebaikan 
Twitter : @aulianzaa 

Lily Chairani

Sabtu, 03/06/2017 21:27

Yes..adapun artikel di atas merupakan tips rumah sejuk tanpa AC yang relate dengan konsep green living. Dimana pada saat ini kaum muda lebih concern terhadap lingkungan yang bersifat global. Nah, bahasan dalam artikel ini mangajak pembaca untuk mulai sesuatu yang natural. Saya akui ARTIKEL INI SANGAT MENGINSPIRASI

#123Kebaikan
Twitter : @lilikhairi

Heny Anugrah

Sabtu, 03/06/2017 22:50

Tak ada kata yang pantas saya ucapkan atas artikel tentang Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC selain kata  "ini Artikel terbaik yang pernah saya baca." Seluruh sususan artikelnya mudah dimengerti , gaya bahasa yang sederhana dan mudah untuk diterapkan oleh siapa saja, Termasuk pada yang memiliki rumah dengan ukuran yang minimalis sekalipun.
Perlu diketahui bahwa penggunaan penyejuk ruangan (AC) yang terus menerus tidak baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan kulit kering, Penyakit asma kambuh atau memicu munculnya alergi . Masuknya sinar matahari pagi karena ventilasi udara yang cukup, Pemilihan warna  dan penataan barang yang tidak terlalu banyak adalah solusi terbaik. (hanya barang  barang yang dirasa penting saja).
Bnayak rumah mewah tetapi tidak memiliki standar pergantian udara yang baik karena dipenuhi dengan pemakaian AC. Kesehatan bukan melulu terletak pada interior dan properti yang mahal dan rapih saja tetapi keberadaan taman kecil yang segar dan adanya ruang ventilasi yang memadai bagi pergantian udara baru adalah yang lebih penting,  Rumah sehat itu yang jauh dari polusi udara, Polusi suara dan memiliki banyak masuknya sinar matahari pagi yang melimpah.

#123Kebaikan
FB  www. facebook.com/heny.anugrahwaty
Twitter     @lisa89697002

Heny Anugrah

Sabtu, 03/06/2017 23:17

maaf mohon dikonfirmasi bahwa artikel saya ini dibatalkan. Karena saya salah menuliskan nama dialamat Facebook. Saya sudah kirimkan artikel yang kedua dengan nama alamat facebook www. facebook/heny.anugrahwati dan bukan heny.anugrahwaty. Terimakasih Salam, Heny anugrahwati

Heny Anugrah

Sabtu, 03/06/2017 23:14

Tak ada kata yang pantas saya ucapkan atas artikel tentang Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC selain kata  "ini Artikel terbaik yang pernah saya baca." Seluruh sususan artikelnya mudah dimengerti , gaya bahasa yang sederhana dan mudah untuk diterapkan oleh siapa saja, Termasuk pada yang memiliki rumah dengan ukuran yang minimalis sekalipun.
Perlu diketahui bahwa penggunaan penyejuk ruangan (AC) yang terus menerus tidak baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan kulit kering, Penyakit asma kambuh atau memicu munculnya alergi . Masuknya sinar matahari pagi karena ventilasi udara yang cukup, Pemilihan warna  dinding yang memiliki aura menenangkan dan penataan barang yang tidak terlalu banyak adalah solusi terbaik. (hanya barang  barang yang dirasa penting saja).
Banyak rumah mewah tetapi tidak memiliki standar pergantian udara yang baik karena dipenuhi dengan pemakaian AC. Kesehatan bukan melulu terletak pada interior dan properti yang mahal dan rapih saja tetapi keberadaan taman kecil yang segar dan adanya ruang ventilasi yang memadai bagi pergantian udara baru adalah yang lebih penting,  Rumah sehat itu yang jauh dari polusi udara, Polusi suara dan memiliki banyak masuknya sinar matahari pagi yang melimpah. Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC ini sudah saatnya menjadi bahan acuan untuk meningkatkan kesehatan dan kenyamanan pada sebuah rumah.

#123Kebaikan
Nama akun FB : Heny anugrah
FB  https://www. facebook.com/heny.anugrahwati
Twitter     @lisa89697002

Clara Violet

Minggu, 04/06/2017 05:53

Tips yang sangat menginspirasi dan pastinya bisa kita praktekkan dirumah. 

Pada saat berpuasa, kadang kita ingin selalu merasakan suasana yang adem & nyaman. Tapi hal tersebut tidak sesuai dengan cuaca daerah kita yg sedang memasuki musim kemarau. Hal ini menyebabkan udara jadi terasa panas. Sehingga banyak org yg memanfaatkan AC untuk memberikan suasana rumah yang lebih sejuk. 
Tapi untuk kita yg tidak memiliki AC/Air Conditioner tidak perlu khawatir kepanasan. Di artikel ini, kita bisa praktekkan beberapa tips dirumah agar suasana rumah jadi lebih nyaman dan sejuk. Salah satunya dengan menggunakan tumbuhan, bunga dan kolam untuk memberikan suhu udara yg lebih sejuk. Selain itu kita bisa membuat flapon yg agak besar agar sirkulasi udara didlm ruangan lebih baik. 
Tidak lupa, untuk warna cat rumah juga berpengaruh lho!! Yups, kita bisa mengganti warna cat rumah dengan warna yang soft, seperti warna putih. 
Terima kasih admin, artikel nya sangat bermanfaat sekali. 

#123Kebaikan

FB : Clara Violet
Twitter : @Wkumala26

Indrhie Kinanti Asaga

Minggu, 04/06/2017 10:52

TIPS DAN TRICK YANG SANGAT CERDAS! 

Kembali berbicara mengenai energi, tentunya semua orang menggunakan pendingin udara saat ini. Terutama di kota-kota besar yang udaranya memang cukup panas. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia arsitektur, saya paham bagaimana AC kini sudah menjadi hal utama yan harus ada disetiap hunian. Namun, kita masih bisa kok menghemat dan mengurangi penggunaannya selama kita tau bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya. Contohnya seprti poin-poin yang disebutka di artikel ini. Terutama pada masa perancangan hunian, jangan lupa untuk banyak menggunakan dan menerapkan bukaan-bukaan yang dapat menjadikan sirkulasi udara didalam ruangan menjadi baik. Tak lupa juga dengan membuat taman-taman kecil, atau apabila punya keterbatasan lahan, kita bisa menerapkan vertical garden supaya suasana dirumah menjadi sejuk dan adem. Sehingga penggunaan AC pun jadi berkurang. Jangan ragu untuk menghemat energi! Bermanfaat banget deh pokoknya artikel ini, ngga lupa untuk di share ke teman-temanku supaya mereka juga dapat asupan ilmu yang bermanfaat di forum artikel RUMAH123 ini. SO HAPPY TO SHARE! #123Kebaikan #Rumah123

Sukses selalu untuk RUMAH123! I am so glad to participate at your event, such as a pleasure for me. All of your articles is very helpful and meaningful for all the readers esspecially for me. And for sure, i love to share it to my family, friends and the other people. Thank you for sharing such a good and 'read-able' knowledge. May success always be in your favor. Keep Shining RUMAH123!

I have followed you at Instagram and Twitter. And also like your Facebook FanPage Rumah123!
My account:
- TWITTER : @ikasaga
- FACEBOOK : Indrhie Kinanti Asaga ( https://www.facebook.com/indrhiekinanti )
- INSTAGRAM : @iekasaga (just may be you need this hehe)

Read more at https://forum.rumah123.com/article-4726-123kebaikan-kalo-salah-ngatur-puasa-malah-bisa-bikin-diet-kamu-gagal-loh#comment-thread#dfQWScGgjhsgivZR.99

Allan Jesajas

Minggu, 04/06/2017 22:15

Tanaman atau tumbuhan hijau identik dengan suasana yang menenangkan dan sejuk itulah mengapa saya merasa nyaman jika di dalam rumah saya terdapat beberapa tanaman hijau yang selain membuat udara terasa sejuk tapi juga untuk memberikan suasana nyaman dan unik tersendiri bagi rumah saya. selain itu pemilihan perabot rumah juga berperan cukup penting dalam menciptakan suasana rumah yang nyaman dan terkesan sejuk.

Saya pikir artikel ini cukup penting untuk di share mengingat Indonesia merupakan daerah yang beriklim tropis dan memiliki musim kemarau yang cukup panjang dan juga orang Indonesia yang masih kurang paham tentang hemat energi listrik ehehehehehe, apalagi kita sedang berhadapan dengan jaman "Global Warming" begini. Dengan hal sederhana seperti ini kita sudah bisa ikut mencegah hal tersebut. Cinta bumi mba-bro !

Allan Jesajas

Minggu, 04/06/2017 22:31

Tanaman atau tumbuhan hijau indentik dengan suasana yang menenangkan dan sejuk itulah mengapa saya merasa nyaman jika di dalam rumah saya
terdapat beberapa tanaman hijau yang selain membuat udara terasa sejuk tapi juga untuk memberikan suasana nyaman dan unik tersendiri bagi rumah saya. selain itu pemilihan perabot rumah juga berperan cukup penting dalam menciptakan suasana rumah yang nyaman dan terkesan sejuk.

Saya pikir artikel ini cukup penting untuk di share mengingat Indonesia merupakan daerah yang beriklim tropis dan memiliki musim kemarau yang cukup panjang dan juga orang Indonesia yang masi kurang paham tentang hemat energi listrik ehehehehehe, apalagi kita sedang berhadapan dengan jaman "Global Warming" begini. Dengan hal sederhana seperti ini kita sudah bisa ikut mencegah hal tersebut. Cinta Bumi mba-bro !

Facebook : Allan Jesajas

Rio Ardianto

Senin, 05/06/2017 01:42

ini tips yang sangat bermanfaat. terbukti untuk menikmati sejuknya rumah sendiri tak perlu keluar banyak biaya melulu. cukup menerapkan tips ini ditambah kreativitas dan imajinasi kita masing2. terima kasih Rumah123. berguna sekali untuk dibagikan.

#123kebaikan
twitter: @diantoArdi

Jenzen Mita

Senin, 05/06/2017 02:05

tips ini sangat bermanfaat banget.. desain elegant dan benar2 sejuk dipandang dan tidak terlalu banyak furniture yang dipakai. Mungkin artikel ini juga menjadi salah satu alternatif dalam menata ruangan 5 Inovasi Desain Ruang KeluargaTerbaik.

Delfina Ningrum

Senin, 05/06/2017 05:48

Memiliki rumah yang nyaman adalah salah satu keinginan semua orang. Apalagi untuk kita yang tinggal di kota besar, sangat erat sekali dengan yang namanya ruangan sumpek, pengap, dan bikin gerah. Kalau sudah begitu rasanya emosi terus ya bawaannya. Tips ini sangat bermanfaat loh buat kita-kita yang ingin merasakan kenyamanan ruangan dengan penataan yang sederhana dan tidak menguras isi kantong. Jadi tunggu apalagi, buat perubahan pada ruanganmu senyaman mungkin.


#123Kebaikan
Nama akun FB : Delfina Arta Ningrum
FB  https://www. facebook.com/delfinaarta
Twitter     @delfinaarta

Akmal Singgih

Senin, 05/06/2017 12:22

Alasan aku share artikel #123Kebaikan - Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC adalah agar kita semua tahu bagaimana cara membuat rumah sejuk tanpa AC, apabila kita sudah tahu maka kita dapat menghemat pengeluaran serta dapat menghemat energi. Oh ya aku share artikel ini dengan sedikit aku tambah referensi sepengetahuaku ya, apa salahnyakan menambahkan yang bermanfaat. Oh ya AC memiliki dampak negatif diantaranya mengganggu pernafasan, carpal tunnel syndrome(kesemutan pada tangan), penuaan kulit, bell’s palsy (kelumpuhan wajah sesisi), angin duduk dan masih banyak lagi, serta yang lebih parah lagi dapat menyebabkan pemanasan global yang dapat mencairkan es di kutub utara dan selatan hal ini dapat menyebabkan naiknya air laut sehingga pulau-pulau kecil dapat tenggelam, ngeri ya. Kembali ke topik, untuk mewujudkan rumah sejuk tanpa AC artikel ini menyarankan menggunakan tanaman hijau, nah tanaman hijaunya seperti apa?, kita bisa menggunakan tanaman perdu yang berbuah seperti kelengkeng, mangga dan sebagainya, kalau tidak ada halaman kita bisa menggunakan tabulampot dan bisa juga menanam sayur menggunakan teknik hidroponik, manfaat pohon itu menyerap co2 dan mengeluarkan o2, dan ternyata rumah yang banyak tanaman hijau itu harga jualnya tinggi dan cepat laku di banding halaman rumah yang tanpa tanaman, cocok deh kalau di iklankan di rumah123.com pasti cepat laku. Kemudian kita dapat melakukan penataan warna ruangan, pada artikel ini sudah dijelaskan warna warna yang di rekomendasikan seperti biru dan putih serta Hindari juga pemakaian warna gelap yang bisa menyerap panas dan meningkatkan suhu ruangan. Dan yang terakhir adalah pemilihan furnitur, pada artikel ini juga sudah dijelaskan mengenai pemilihan furniture, memilih furnitur itu harus sesuai ukuran ruangan agar sirkulasi udara ruangan bisa lancar. Demikian ya semoga bermanfaat dari artikel yang aku share  ini. Dan jangan lupa share artikel ini biar semua dapat manfaatnya. Oh ya ini aku baru beli tanaman buat di rumahku agar terlihat sejuk dan indah.

#123Kebaikan
Fb= tomo tomo atau link https://mobile.facebook.com/singgih.singgih.923724?ref=bookmarks

Didik Sumantri

Senin, 05/06/2017 13:50

Kenyamanan rumah penting banget, menempati prioritas utama bersama keamanan lingkungan dan kebersihan.
Artikel " Tips Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC " sangat bermanfaat buat yang masih belum punya AC seperti saya dan semua para pemirsa, kita bisa
lebih kreatif menata hunian agar lebih sejuk dan nyaman dengan taman hijau, buah dalam pot, hidroponik, aneka tanaman yang menghasilkan suplai oksigen di siang hari, baik tanaman indoor maupun outdoor, membuat kolam air terjun mini dengan kolam ikan serta tanaman hijau merambat.
Sirkulasi ventilasi udara lancar dengan jendela lebar dan plafond tinggi dapat membuat aliran udara dari luar menyebar merata ke seluruh ruangan.
Bisa juga saat siang hari yang terik, kita siram teras depan, belakang, dinding taman dan tanaman dengan semprotan slang air, agar hembusan udara panas dan gerah bisa menjadi sejuk, karena partikel2 air dapat menyatu dengan partikel udara dan bisa mengurangi debu yang beterbangan.
Ada tips sederhana nih supaya air minum kita terasa lebih segar dan sejuk meski tanpa
kita simpan di kulkas, gimana dong caranya? mudah kok, tinggal rendam botol air minum dalam wadah yang berisi air selama beberapa jam, rasanya lebih fresh, cobain deh
Masih banyak tips sederhana yang bisa membuat rumah tempat tinggal kita menjadi hunian yang lebih nyaman, sejuk dan menyenangkan :)
#123kebaikan
twitter : @dixsurfer facebook :  Didik Sumantri https://www.facebook.com/dixSmurf

Rachman Effendi

Senin, 05/06/2017 14:27

Sangat bermanfaat untuk tipsnya, khususnya rumah yang mempunyai lahan sempit dan padat penduduk. walaupun tanpa AC rumah tetap adem dan nyaman
Twitter: @rachmane_10
#123Kebaikan

Ipen Duasatudua

Senin, 05/06/2017 17:32

#123kebaikan

Kebutuhan akan udara sejuk merupakan salah satu kebutan primer dalam membuat nyaman suasana rumah terutama di perkotaan yang udaranya terpapar polusi. Melalui tips2 sederhana separti diatas kita bisa membuat udara menjadi sejuk sehingga bisa membuat suasana rumah menjadi nyaman. Semoga artikel ini dapat di aplikasikan di rumah kita.



FB : privendhy

Nurmarliana Rahayu

Senin, 05/06/2017 20:56

Setuju dan suka banget sama artikel ini. Ternyata untuk mendapatkan kesejukan kita bisa menggunakan cara yang ramah lingkungan. Bagusnya lagi, udara jadi alami. Setelah membaca artikel ini akhirnya sadar bahwa penataan ruangan dan pemilihan furnitur juga penting supaya bisa menciptakan kesejukan di dalam rumah. Terimakasih untuk inspirasinya!❤️ || #123Kebaikan Twitter: @liannurma

Hesty Rachman

Selasa, 06/06/2017 09:48

Wah rumahku kebetulan catnya memang serba putih dan biru, memang jd terasa lebih enak dilihat dan rasanya "ringan" dibanding kamar saya yang berwarna pink tua dan muda. Mungki yg perlu saya tambahkan tanaman depan rumah biar adem #123Kebaikan


Twitter @hesty_nr 

Yusro Muhamad

Selasa, 06/06/2017 23:01

Artikel yang mengajarkan kita untuk lebih berhemat listrik dengan tidak menggunakan AC dan mengajak kita untuk memiliki ruang hijau sendiri di rumah masing-masing. Harus dicoba dirumah :)

twitter: https://twitter.com/yusniarda
Facebook: https://www.facebook.com/yusniardwia

Oppie Dwi

Selasa, 06/06/2017 23:26

Tips cara mudah dalam mengaplikasikan hunian hijau yang inovatif
yah, kalau kita bisa menciptakan ruangan sejuk tanpa AC dengan berbagai alternatif kenapa enggak
menghemat pengeluaan, mempertajam seni kreativitas kita untuk bisa hidup senatural mungkin
saya sangat senang membaca dan akan mengaplikasiaknnya
tak lupa juga mengajak teman untuk mulai hemat energi

#123kebaikan
Twitter : @oppiedwi1

Sil Vya

Rabu, 07/06/2017 09:06

Wah bener banget min.

Sejuk bukan hanya karena AC.
Banyak hal yang dapat menyebabkan rumah itu sejuk.
Mulai dari banyaknya bukaan (jendela) pada suatu rumah dan penempatan jendela itu sendiri. Penempatannya apakah di daerah yang banyak angin atau bukan :D
Selain itu banyaknya vegetasi juga dapat membuat rumah menjadi sejuk. Contoh vegetasi yang menyejukkan adalah pohon beringin, dan masih banyak lagi.
Penataan warna dan furniture ok juga tuh :D

#123Kebaikan
Twitter : @silvya_vyaa

Robitotul Itabee

Rabu, 07/06/2017 09:14

Alhamdulillah..bisa jadi inspirasi..rumah adiwiyata hehe..

#123Kebaikan
FB : Robitotul itabee
Twitter : @zaffan_aliffah

Benni Ardi

Kamis, 08/06/2017 01:15

Sangat perlu untuk di share deh artikel ini. Karena AC masih jadi milik kalangan terbatas, dan belum merata dimiliki oleh setiap rumah tangga. Saya pribadi di rumah, juga tidak memiliki AC. Jadi informasi di artikel ini sangat membantu, untuk mengakali jika suhu udara di rumah terasa lebih panas.


Terima kasih, Admin. Sudah berbagi informasi yang bermanfaat. Semoga saya dan teman-teman yang tidak memiliki AC, serta yang ingin berhemat dalam menggunakan AC, bisa menjadi terbantu.


Twitter : @satekong

#123kebaikan

nur dhuha zulfatul aliyya

Kamis, 08/06/2017 02:02

alasan pilih share artikel ini karena kegiatan kegiatan saat ramadhan sangatlah padat, dan tak dapat dipungkiri bahwa hal ini membuat badan cepat letih, capek dan lapar..oleh karena itu, tubuh sangat perlu asupan asupan makanan seperti dibawah ini agar tidak cepat lapar, :)
FB : Nur Dhuha Zulfatul Aliyya
IG : zulfaasysyarif
akhirnya bisa dibuat komen juga akunku :D :*

Boy Buraidy

Kamis, 08/06/2017 20:17

Kebaikan Jangan Ditahan. Saya memilih share artikel rumah123.com ini karena artikel ini sangat bermanfaat bagi saya dan banyak orang. Memberikan alternative yang sehat dan baik bagi lingkungan, membuat kita dapat berhemat listrik sekaligus memberikan dampak yang baik bagi lingkungan alam. Rumah kita menjadi cantik dan membuat kita semakin betah dan bangga memiliki rumah tersebut #123kebaikan FB Boy Buraidy Twitter @boyburaidy

kresna okt

Sabtu, 10/06/2017 19:04

tips yang cocok, bermanfaat dan bagus untuk di coba. apalagi menuju hari raya.

ruangan harus tampak lebih bersih, udara lebih sejuk tanpa AC!
kita khususnya masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis pasti saja setiap hari merasakan hawa yang panas dan udara yang pengap.
karena dari itu saya ingin share artikel ini untuk mengurangi penggunaaan AC dan lebih sayang dengan alam agar udara lebih alami dan sejuk.
#123Kebaikan #forumrumah.123
----
----

Twitter : @kresnahahaha
Facebook : kresna (https://www.facebook.com/kresnahahaha)

Sofyan Najib

Senin, 12/06/2017 08:36

informasi yang menarik di saat pemanasan global seperti ini, alangkah baiknya memang tidak harus menggunakan AC. Akan tetapi dengan mendesain ruangan yang berguna untuk keluar masuknya udara.

Facebook : Sofyan Najib

mariati oey

Selasa, 13/06/2017 18:58

Ini artikel yg gue tunggu. Dr dulu mmg pgn banget rumah adem tanpa ac, tp bingung caranya. Ternyata ada tipsnya toh. Apalagi cari tanaman dan furniture yg bikin adem ga kepikiram sebelum baca artikel ini. Artikel ini sangat bermanfaat dan layak dibagikan pada siapapun yg suka rumah adem tanpa ac kayak aku.

#123Kebaikan

Twiter @mariatiria1
FB: Mariati Oey


Audini Maulidya II

Selasa, 13/06/2017 23:17

Alasan saya share artikel #123Kebaikan ini agar orang-orang yang selalu hidup di ruangan ber-ac yang tanpa mereka sadari dan ketahui bahwa ac membahayakan dirinya bisa menjadikan rumahnya sejuk dengan banyaknya tanaman dan mengubah dekorasi rumah mereka. Sehingga mampu mengubah gaya hidup menjadi terbiasa dengan sinar matahari dan terkena udara alam bebas. Pastinya artikel ini sangat bermanfaat bagi saya atau pun orang lain :)


Facebook: Audini Maulidya II https://www.facebook.com/audini.maulidyaii

Dina Amalia

Rabu, 14/06/2017 16:36

Alhamdulillah.. Saya dapat artikel bermanfaat lagi dari @Rumah123.com. selain bermanfaat, artikel ini kreatif dan unik juga yaaa

Dina Amalia

Rabu, 14/06/2017 17:20

Alhamdulillah.. Saya dapat artikel bermanfaat lagi dari @Rumah123.com. selain bermanfaat, artikel ini kreatif dan unik juga yaaa

Junior Echot

Rabu, 14/06/2017 20:42

setuju banget sama artikel dari #rumah123 ini karena dengan ventilasi yang terbuka maka banyak angin yang masuk dan rumah jadi adem tanpa perlu pakai ac. dimana ac itu kan jadi salah satu penyumbang zat karbon yang bikin efek rumah kaca dibumi dengan kata lain bumi makin panas. dengan banyak tumbuhan bisa bikin adem bukan hanya rumah kita tapi lingkungan sekitar bahkan bisa seluruh dunia bila semua menanam tumbuhan. sangat setuju dan akan dishare min


#123kebaikan
FB : junior chandra ( https://web.facebook.com/junior.chandra1)
twitter : @juniorechot ( https://twitter.com/juniorechot)

Titi Dwi Sulistiyani

Jumat, 16/06/2017 06:49

Wah menarik sekali... Dan alasan saya memilih artikel ini agar teman-teman di luar sana jadi banyak tahu cara membuat rumah selalu sejuk dan segar saat Ramadhan, karena ternyata caranya sangat sederhana juga hemat biaya. Rumah jd nyaman dan sejuk dengan AC alami. Selamat mencoba di rumah! #123Kebaikan

Twitter : @ArifinTiti
Facebook : Thiti Arifin

Kesyia Ayuni Asnidatama

Jumat, 16/06/2017 10:50

     Sebagian orang pasti mengeluhkan hawa yang panas disaat berpuasa. Berbagai macam cara dilakukan agar tercipta kondisi yang nyaman serta tidak panas. Mulai dari membeli AC sampai mengeluarkan uang yang dibilang cukup banyak. 

     Nah, di artikel ini memberikan tips bikin rumah sejuk tanpa AC. Tips-tipsnya bagus dan serta bermanfaat. Hemat, aman, alami dan dapat menciptakan suasana yang lebih sejuk dirumah. Kondisi rumah menjadi lebih nyaman dan tentunya menambah erat hubungan keluarga. Orang lain yang berkunjung dan melihat kondisi rumah menjadi tertarik untuk mencobanya.
     Terimakasih kepada admin rumah123.com yang sudah memberikan tips ini. Pastinya bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Salam kebaikan! #123Kebaikan

Twitter : @AyuniKesyia

Jamaluddin Kamal

Jumat, 16/06/2017 14:02

Wah pas bgt ini artikel. suasana puasa emang butuh kesejukan. ga kebayang kan kalo di dalem rumah sendiri panas. bisa repot. bisa2 rajin mandi biar adem. tapi, di artikel ini ternyata bisa lho bikin sejuk tanpa ac tuh rumah. malah saya baru tau kalo warna ngaruh. terima kasih telah berbagi. tapi memang arah rumah dan tata ruang paling penting sih terutama sebagai jalur udara. share ah kebaikan ini. #123Kebaikan

Facebook : Jamaluddin Kamal (https://www.facebook.com/JAMALUDDIN.KAMAL)
Twitter : @JamaluddinKamal


Hendi Yogatama

Sabtu, 17/06/2017 00:06

Artikel membantu nih. kebetulan kamar saya di lantai 2 dan panas sekali kalo lagi musim kemarau atau lagi bulan puasa :(
dan membeli AC pun sayang uang mending nabung buat nikah tahun depan hehe.


Facebook : hendi yogatama ( facebook.com/hendi.velvet )
Twitter : @hendiygtm ( twitter.com/hendiygtm )
G+ : hendi yogatama ( hendiyoga03@gmail.com )

#123Kebaikan