Koleksi Barang Antik di Rumah? Begini Cara Merawatnya Supaya Tetap Awet!

Rabu, 03/05/2017 23:59

By : Handoyo Bo | Consumer

Tips & trick

332

7

Barang antik memang gak cuma memberikan kesan klasik pada rumah, tapi juga bisa dianggap investasi tersendiri. Semakin antik barang yang dimiliki, biasanya harganya makin mahal.
 
Nah, buat teman2 forum yang mengoleksi barang antik di rumah, wajib banget menjaganya supaya barang tersebut tetap cantik dan bernilai tinggi. Bagaimana sih cara merawatnya?
 
Jangan Simpan di Tempat Lembab
 
Untuk benda antik yang berbahan kayu, Anda harus menyimpannya di ruangan yang tidak lembab agar kayunya tidak cepat membusuk. Sementara untuk benda antik yang dari logam, Anda juga harus menyimpannya di ruangan yang tidak lembab agar tidak mudah mengalami korosi.
 
Jauhi Sinar Matahari Langsung
 
Anda harus menghindari penyimpanan benda antik di ruangan yang terkena sinar matahari langsung karena sinarnya bisa merusak lapisan cat dan pernis, serta membuat benda tersebut pecah. Untuk itu, simpanlah benda antik di ruangan yang bersirkulasi udara yang baik dan jauh dari jendela atau pintu rumah.
 
Bersihkan dengan Benar
 
Anda sebaiknya rajin membersihkan debu-debu halus yang mudah menempel, sekalipun disimpan di dalam lemari khusus. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kain  flanel yang lembut. Sementara pada bagian yang sulit dijangkau oleh kain, Anda bisa menggunakan kuas kecil yang lembut.
 
Selain itu, Anda juga harus mencuci benda antik sewaktu-waktu, khususnya yang berbahan dari porselen. Caranya, gunakan air hangat, sabun yang tidak mengandung pemutih dan pewangi, serta spons untuk menggosoknya. Kemudian segera bilas dan keringkan dengan kain bersih yang lembut dan diangin-anginkan.
 
Gimana, gampang kan? Yuk jaga koleksi barang-barang antik kita dari sekarang!

Comment (s)

Ali Imron

Kamis, 04/05/2017 00:02

Saya kok merasa barang antik justru bikin rumah terlihat berantakan ya? Kayak gambar di atas hahahahaha

Handoyo Bo

Kamis, 04/05/2017 00:03

Mas @ALi itu kan tergantung dari cara menatanya sih. Buat sebagian orang memang barang antik bikin rumah terlihat berantakan, tapi buat sebagian lagi seperti saya sih itu bikin rumah jadi terlihat eksentrik dan nyeni. 

Ali Imron

Kamis, 04/05/2017 00:04

Biasanya kalo yang suka barang antik itu cowok, betul gak sih? Kalo cewek kan suka kerapihan dan kurang ngerti seni 

Handoyo Bo

Kamis, 04/05/2017 00:05

Wah, nggak bisa begitu juga sih. Teman saya yang perempuan banyak kok yang suka barang antik. Tapi biasanya sih mereka lebih suka yang tradisional misalnya nuansa Bali atau patung2 adat gitu. 

Ali Imron

Kamis, 04/05/2017 00:06

Saya pernah beli patung buat pajangan Mas, tapi akhirnya sama istri disuruh dibuang. Dia takut soalnya saya patung2 gitu. Akhirnya saya kasih tetangga aja jadinya. 

Handoyo Bo

Kamis, 04/05/2017 00:07

Makanya pilih patung antik juga harus bisa lihat dulu kondisi rumah. Kalo rumahnya nggak mau terkesan seram ya jangan pilih barang antik yang berwujud orang atau binatang. Lebih baik sih dipilih barang2 seni rupa seperti kriya dan sebagainya Mas @Ali.

Alamsyah Kurniawan

Senin, 22/05/2017 12:19

oh kirain kalo barang antik ga perlu dirawat. ternyata agak ribet euy caranya