Tips Memilih Sofa yang Berkualitas untuk Ruang Tamu

Selasa, 02/05/2017 23:25

By : Dyah KD | Consumer

Tips & trick

Selamat memasuki bulan Mei, everybody :D

Pastinya kita berharap di bulan yang baru ini, semangatnya pun baru, ya nggak sih teman-teman. Hehehehe

Nah...  Mumpung masing bulan baru alias tanggal muda, yuk kita ngobrolin tentang salah satu elemen penting di rumah kita yaitu ruang tamu. Ruang tamu sepertinya belum lengkap jika tidak dihiasi dengan kursi atau sofa yang nyaman dan empuk. Untuk pilihan sofa ada begitu banyak dengan harga yang bervariasi pula. Tetapi, harus diakui jika tidak mudah menemukan sofa yang kokoh sehingga bisa awet untuk digunakan seluruh anggota keluarga hingga bertahun-tahun. Siapa tau kan mumpung duitnya masih banyak habis gajian, ada rencana untuk membeli sofa yang baru untuk ditaruh di ruang tamu.

Saya kutip dari KONTAN nih, setidaknya terdapat 3 elemen penting dari kursi yang memperngaruhi usia penggunaanya. Untuk membantu Anda memilih sofa ruang tamu yang berkualitas tinggi, berikut tips memilihnya:

1. Busa dudukan

Busa dudukan adalah bagian terluar. Untuk memilih busa dudukan yang memiliki kualitas tinggi tentu begitu penting. Ada beberapa tipe busa yang dibungkus menggunakan serat poliester. Pusat busa mempunyai ketebalan paling tidak 4 inci.

Sementara untuk busa yang memiliki harga menengah ke atas akan mempunyai pusat busa yang dibungkus masing-masing membentuk kelompok busa. Semakin kencang busa membentuk sofa, berarti akan semakin tahan lama dan bagus.

Jangan memilih busa yang terlampau empuk atau pun terlalu keras karena bisa menjadi mengurangi kenyamanan serta berubah bentuk. Untuk busa sandaran, biasanya diisi serat poliester atau kombinasi busa.

2. Rangka

Kerangka yang dipergunakan untuk menopang sofa seringnya menggunakan material kayu solid atau engineered. Material ini dikenal sebagai material yang tahan lama dan kokoh. Jangan memilih material kayu hasil dari daur ulang.

Sedangkan untuk konstruksi rangka, konstruksi rangka sama penting dengan material rangka. Jika Anda memilih konstruksi yang pas, hal ini dapat mempengaruhi kokohnya sofa dan kenyamanan sofa. Ada beberapa mode penyatuan katu yang dipergunakan oleh pabrik. Tetapi, jangan memilih rangka yang disatukan menggunakan lem dan baut.

3. Per

Biasanya, Anda hanya akan melihat bentuk sofa dan harga sofa untuk menentukan sofa mana yang memiliki kualitas terbaik. Namun jangan pernah melupakan bagian per. Bagian ini harus menjadi perhatian utama.

Per merupakan bagian sofa yang menyangga busa dan memiliki fungsi membuat duduk terasa nyaman. Ada berbagai macam tipe per yang digunakan oleh pabrikan. Biasanya, prinsip eight way hand tied menjadi acuan untuk mengecek kualitas per sofa. Caranya dengan menekan sandaran sofa serta merasakan pantulan per. 

Comment (s)

Irfan Hanief

Selasa, 02/05/2017 23:31

Hello mbak Dyah... ikutan nimbrung nih. Coba saya tambahin yaaa. Untuk memilih sofa yang berkualitas juga harus diperhatikan dari segi modelnya.
Karena kesan pertama dalam memilih atau membeli sofa adalah model, warna, dan tampilannya. Pilihlah model yang sesuai dengan tema ruangan yang ditentukan seperti modern, minimalis, klasik, dan lain sebagainya. Selain model dari sofa, fungsi sofa nantinya juga akan jadi pertimbangan karena jika penggunaannya tidak sesuai dan terkesan berlebiihan, akan membuat mubajir dan tidak efektif.

setya adrian

Rabu, 03/05/2017 11:49

setuju sama sama mas irfan, sebagai konsumen lebih prefer ke model, warna, dan tampilan. Soalnya udah percaya sama kenyamanan sofa, kalo modelnya bagus biasanya nyaman pula

fahrian syah

Rabu, 03/05/2017 13:47

jgn lupa fungsi utama sofa, biasanya buat duduk tamu atau ruang keluarga

Dyah KD

Selasa, 02/05/2017 23:32

Wah iya... makasih banget lho mas irfan udah ikut urun rembug soal sofa ini. Hehehe

Irfan Hanief

Selasa, 02/05/2017 23:34

Sama-sama Mbak Dyah... Yang penting nih kecermatan dan ketelitian kita sebagai pembeli dalam memilih sofa. Agar tidak tertipu dengan penawaran harga yang murah, sehingga keinginan untuk memiliki sofa muran tapi berkualitas akan hilang dan buyar.

Dyah KD

Selasa, 02/05/2017 23:35

Iya. Setuju banget deh. Yang penting harus teliti sebelum membeli yes.

Dyah KD

Selasa, 02/05/2017 23:39

Oh iya, ada tambahan lagi nih...


Fungsi utama sofa adalah sebagai tempat duduk untuk beristirahat dan bersantai. Sofa yang berkualitas harus memiliki dudukan sofa yang nyaman dan tidak mudah rusak. Ketika sedang memilih sofa, jangan ragu untuk mencoba duduk dan merasakan sendiri kenyamanannya. Sofa berkualitas baik pada umumnya terasa kuat, berat dan juga seimbang namun nyaman diduduki. 

Bila saat mencoba tersebut, kita menemukan bagian yang tidak terpasang dengan sempurna atau pegasnya berbunyi, maka lebih baik tidak memilihnya. Cobalah luangkan waktu untuk berlama-lama duduk di sofa tersebut agar bisa menyimpulkan apakah sofa tersebut merupakan sofa yang cocok untuk atau tidak. Daripada sudah beli mahal-mahal, trus menyesal, ye kannnn :D

setya adrian

Rabu, 03/05/2017 11:50

nah info bermanfaat nih, kadang suka ragu kalo mau nyoba duduk2, takut disangka beneran beli, padahalkan belum tentu, thx mbak dyah

Ali Imron

Selasa, 02/05/2017 23:40

Kalo cari sofa yang murah dan berkualitas di mana ya? Hehhee

Dyah KD

Selasa, 02/05/2017 23:41

Eh ada mas @Ali. Ya tergantung lokasinya dehh.. Kan di dekat rumah sampeyan pasti ada toko mebel atau sejenisnya yang menjual sofa. Survei dululah beberapa toko tersebut. Setelah oke, baru beliii

Irfan Hanief

Selasa, 02/05/2017 23:42

SIpppp Mbak Dyah... Makasih infonya, berguna bangettt

Dyah KD

Selasa, 02/05/2017 23:43

Sama-sama Mas Ali. Ikut senang jika bermanfaat. Ini sekadar sharing aja kok bareng-bareng

Dyah KD

Selasa, 02/05/2017 23:44

EH iya, tipsnya lagi nih. Untuk inspirasi model, sering-seringnlah GOogling atau jalan-jalan ke IKEA :D

habib baharudin

Rabu, 03/05/2017 13:00

ikea cuma ada di tangerang mbak :"

fahrian syah

Rabu, 03/05/2017 13:42

kalo gw sih yg penting nyambung sama konsep ruangannya, tapi mengutamakan kenyamanan jgua

syarif fahmi

Rabu, 03/05/2017 14:11

kalo mau yg pasti2 sih ke IKEA ya, atau toko mebel pinggir jalan juga mashi banyak yg jual haha

hamzah hamsik

Rabu, 03/05/2017 14:47

selain ikea ada lagi gak sih toko furniture yg branded?

fahrian syah

Rabu, 03/05/2017 14:53

ada kok, informa, atau courts, trus apalagi ya? tp yg iklannya gencar sih ikea

andre ernest

Rabu, 03/05/2017 15:05

ada juga jsyk, kalo ikea dari swedia, jsyk dari denmark

hamzah hamsik

Rabu, 03/05/2017 15:08

oh iya ada courts, pernah denger tuh, di bekasi ya kalo ga salah