Membuat Rumah Semakin Apik dengan Perpustakaan Pribadi

Minggu, 30/04/2017 23:59

By : Ida Sussan | Consumer

Interior

Siapa tau temen2 forum ada yang suka baca buku, jadi tentu paham dong betapa pentingnya fungsi perpustakaan. Semakin sering beli buku tentunya sayang dibiarkan menumpuk di rumah tanpa tertata.
 
Padahal sekarang ada cara mudah lho bikin perpustakaan kecil di rumah yang bisa mempercantik interior. Selain menambah kesan intelek bagi pemilik rumah, dengan perpustakaan juga Anda akan memiliki ruang pribadi untuk membaca dan menyimpan buku.
 
Gimana cara membuatnya ya?
 
1. Gunakan rak fleksibel
 
Rak fleksibel atau yang sering disebut adjustable shelving sering menjadi pilihan interior designer dalam merancang perpustakaan mini di ruang terbatas. 
 
Sifatnya yang fleksibel dan bisa di pasang sesuai ketinggian dan ukuran yang diinginkan memberi kemudahan dalam menata koleksi buku Anda. Anda juga bisa menambahkan rak dengan lekukan di kedua ujungnya untuk mencegah buku-buku terjatuh dari rak.
 
 
2. Manfaatkan ruang yang tersisa
 
Seringkali orang lengah menjaga kedislipinan perpustakaan mininya dengan menaruh benda selain buku di areal rak. Pastikan rak buku Anda hanya terisi dengan buku, bukan barang lain seperti laptop, kaleng, compact disc, dan lainnya. 
 
Dengan meletakkan barang yang sesuai dalam satu area, ruang apartemen Anda akan terlihat lebih rapi. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kotak untuk menyimpan barang-barang tersebut namun tetap letakkan di tempat lain seperti di bawah kasur atau lemari.
 
 
3. Urutkan sesuai ukuran
 
Untuk membuat perpustakaan mini Anda terlihat lebih artistik, urutkan koleksi buku sesuai dengan ukuran tingginya. Ahli penataan ruang dan buku merekomendasikan agar buku di letakkan sesuai dengan nama pengarang atau judul secara alfabet. 
 
Jadi ketika sedang terburu-buru mencari salah satu buku, Anda bisa lebih cepat menemukannya. Namun jika ingin memberi sentuhan berbeda, urutan tinggi buku ini juga bisa di variasikan sesuai selera, menyerupai ombak ataupun segitiga.
 
4. Kelompokkan sampul
 
Anda bisa membuat tampilan perpustakaan di apartemen Anda lebih rapi dengan mengurutkannya sesuai dengan tipe sampul. Misalnya beberapa buku dengan sampul hardcover harus di letakkan di deretan yang sama. 
 
Begitu pula dengan buku yang di sampul tipis. Dengan begitu, ketika ingin menarik buku-buku yang terhimpit di deretan rak, Anda bisa meminimalisir resiko kerusakan sampulnya.
 
Tambahkan rak menjadi beberapa deret jika Anda memiliki koleksi buku yang banyak. Tapi pastikan Anda memiliki ruang ekstra agar apartemen Anda lebih rapi. Selamat merancang perpustakaan pribadi, teman2! 

Comment (s)

Ali Imron

Senin, 01/05/2017 00:00

Wah, saya kurang suka baca tapi suka sama tipsnya hahahaha

Ida Sussan

Senin, 01/05/2017 00:05

Saya juga sebenarnya kurang suka baca Mas, kecuali baca2 majalah. Tapi suami koleksi bukunya banyak, jadi saya bikinin deh ruangan yang oke buat baca. Lumayan tambah keren lho dalam rumah jadinya 

Ali Imron

Senin, 01/05/2017 00:06

Betul, perpustakaan bisa bikin rumah jadi kelihatan keren dan pemiliknya intelek. Makanya di beberapa rumah kalangan jetset ada ruangan perpustakaan tapi sebenarnya itu cuma pajangan aja kan ya? hahahaha

Ida Sussan

Senin, 01/05/2017 00:06

Bisa jadi sih @mas ali, tapi gak semuanya kayak gitu deh. 

Joko Way

Senin, 01/05/2017 00:20

Rumah saya lumayan lho perpustakaannya. Koleksi saya dari SMP masih tersimpan rapih. Lumayan bisa jadi warisan buat anak cucu nanti :D

Ali Imron

Senin, 01/05/2017 00:20

Semoga anaknya jangan keranjingan gadget ya Mas Joko, kayak anak jaman sekarang hahahaa

Ali Imron

Senin, 01/05/2017 00:21

Bercanda toh Mas Joko

Joko Way

Senin, 01/05/2017 00:24

Anak saya masih kecil2 mas belum butuh gadget :p

Daddy Kece

Senin, 01/05/2017 00:28

Saya suka baca buku tapi ruangan di rumah belum memungkinkan buat bikin perpustakaan. Jadi seadanya aja di lemari. Tapi boleh juga sih tuh punya perpustakaan biar lebih enak ada ruang pribadi buat baca buku. 

Ali Imron

Senin, 01/05/2017 00:28

Saya buku malah diloakin Mas kalo udah dibaca. Mungkin beda ya sama yang suka baca buku pasti bukunya disimpan. 

Daddy Kece

Senin, 01/05/2017 00:29

@mas ali waduh sayang banget mas kalo diloakin gitu hahaaha....mendingan disimpan karena namanya buku sifatnya bukan seperti majalah atau koran, karena isinya timeless

Ali Imron

Senin, 01/05/2017 00:30

Iya itu buku2 saya masih kecil sih, sekarang saya jarang beli buku malahan. Hampir gak punya waktu buat baca, dan kurang hobi juga sayanya 

Daddy Kece

Senin, 01/05/2017 00:32

Nah, mungkin karena @mas ali kurang suka baca, makanya kurang mentingin perpustakaan dan buku itu sendiri Mas. Ibarat orang yang suka nonton film, biasanya video2 berupa DVD yang udah ditonton pasti dikoleksi bukan dibuang. Begitu juga koleksi CD musik. Kurang lebih hampir sama sih

Naldo Alnoldi

Senin, 01/05/2017 00:35

Saya juga suka baca, tapi belum mampu bikin perpustakaan karena ruang terbatas. Paling di dalam kamar aja sih dibuat lemari besar yang isinya buku2 koleksi. Tapi kalo bikin perpustakaan di ruang tersendiri sepertinya malah kurang santai karena harus keluar masuk. Kalo di kamar kan enak, baca bisa sambil tiduran.

Mustapha Sidiq

Senin, 01/05/2017 00:39

@daddy betul, saya juga suka baca dan sayang banget sama buku2 yg pernah saya baca makanya saya simpan

@naldo berarti kamarnya besar dong ya mas?

Naldo Alnoldi

Senin, 01/05/2017 00:44

Kamar saya memang lumayan besar sih Mas, jadi memang bisa difungsikan jadi perpustakaan juga. Lumayan daripada baca buku di ruang terpisah kan capek bolak-balik hehehe Mas @mustapha

Ali Imron

Senin, 01/05/2017 00:46

Saya membayangkan kamar Mas Naldo seperti foto di trit ini hahahaha

Naldo Alnoldi

Senin, 01/05/2017 00:47

@ali kamar saya gak sebagus itu mas. Jauhhhh dari bayangan 

Mustapha Sidiq

Senin, 01/05/2017 00:54

Melihat foto di trit ini bikin menghayal ya? Kapan coba saya bisa bikin perpustakaan kayak gitu di rumah? Benar2 surga duniaaaa

Ali Imron

Senin, 01/05/2017 00:54

Bisa buat disewakan juga Mas bukunya, biar mirip perpustakaan beneran 

Mustapha Sidiq

Senin, 01/05/2017 00:55

@ali jangan lah, sayang banget. Nanti bukunya malah rusak2

syarif fahmi

Selasa, 02/05/2017 10:21

dikamar gw cuma ada rak kecil isinya koleksi komik akira toriyama semua

agung gamaludin

Selasa, 02/05/2017 10:31

@fahmi lahh, dragonball semua dong?

syarif fahmi

Selasa, 02/05/2017 11:16

ada blue dragon beberapa, sama koleksi dr slump juga ada, haha, knp? suka juga?

fahrian syah

Selasa, 02/05/2017 11:46

pengen nih dari dulu, punya tembok konsep perpustakaan gitu, meski jarang dibaca tapi kalau liat rak tembok penuh buku gitu rasanya keren aja

olympic residence

Rabu, 10/05/2017 17:14

Terimakasih tipsnya, tapi sayang banget saya tinggal di apartemen. Terus Apakah mungkin bisa di terapin di Apartemen Studio?