Ada Rumah Rp 148 Jutaan di Dekat Jakarta, Begini Penampakannya

Rabu, 26/04/2017 07:50

By : Dani Irwansyah | Consumer

Pasar Properti

Pameran properti REI Expo 2017 telah digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan sejak Sabtu, (15/4/2017) hingga Minggu, (23/4/2017) kemarin.

Di pameran itu, berbagai pengembang properti berkumpul dan saling berlomba-lomba dalam menawarkan produknya kepada konsumen. Berbagai promo beragam pun ditawarkan di sana.

Bila jeli mencari, hunian dengan harga murah dapat ditemukan di pameran. Di sana, rumah seharga Rp 100 jutaan pun menjadi salah satu yang diminati.

Contohnya seperti yang ditawarkan oleh pengembang dari Citra Indah City. Pengembang menawarkan rumah dengan harga mulai dari Rp 148 jutaan.

Rumah tapak dengan harga murah itu berlokasi di Jalan Raya Jonggol, Cileungsi Bogor. Dengan harga itu, hunian yang ditawarkan merupakan tipe cluster Cordia yang memiliki luas bangunan 22 meter persegi, dengan luas tanah 60 meter persegi. 

 
Rumah bergaya minimalis dengan tembok bercat abu-abu.

Dengan harga Rp 148 jutaan, rumah tapak sederhana ini memiliki interior rumah yang meliputi satu kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang tengah, serta garasi untuk kendaraan roda empat.

Rumah sederhana ini dibangun dengan menggunakan dinding tunggal dan batako. Tampak dari luar, terdapat satu buah pintu dan dua buah jendela bercat putih pada rumah itu. Masih ada sedikit sisa lahan kosong di bagian depan rumah.

Saat ini, pihak pengembang yaitu Citra Indah City masih melakukan proses pembangunan pada perumahan cluster tersebut.

"Untuk gaji di bawah Rp 7 juta masih bisa dapat (rumah)," kata Jeffry ke pada detikFinance, Sabtu (22/4/2017).

Rumah tapak dengan harga Rp 148 jutaan tersebut tepatnya berlokasi di Jalan Raya Jonggol, Cileungsi, Bogor. Dengan lokasi tersebut, perhituhgan kasar jarak dengan pusat kota Jakarta sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh tanpa macet sekitar 1,5 jam.
Sumber: Detikcom
 
Anda tertarik?

Comment (s)

Ali Imron

Rabu, 26/04/2017 07:52

Wah.. murah banget segitu. Tapi emang jauh sih. Kira-kira berapa ya cicilannya?

Dani Irwansyah

Rabu, 26/04/2017 07:53

@Ali Imron: iya murah banget gan harganya....

Dani Irwansyah

Rabu, 26/04/2017 07:54

Oh iya, mengenai cicilan. Ini saya lansir lagi dari Detikcom


Ada dua skema pembayaran untuk bisa mendapatkan rumah seharga Rp 148 jutaan. Yakni dengan pembayaran cash keras dan melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Untuk pembayaran cash, tentunya pembeli perlu menyiapkan uang tunai sebesar Rp 148 juta dan langsung bisa memiliki satu unitnya rumah. Untuk itu, pembeli hanya perlu mebayar 'tanda jadi' pembelian rumah sebesar Rp 2,5 juta kepada pengembang dan sisanya akan langsung diproses.

Kemudian untuk pembayaran KPR, pertama-tama pembeli perlu membayar uang muka atau DP minimal 5%, yakni sekitar Rp 8 juta. Setelah itu, maka pengembang akan mulai memproses pinjaman KPR. Dalam pembayaran KPR, pengembang memberikan jangka tenor atau jangka waktu cicilan yang beragam. Mulai dari 5 tahun hingga 20 tahun.

Untuk cicilan 20 tahun, pembeli perlu membayar sekitar Rp 1,29 jutaan per bulannya. Hitungan tersebut dengan asumsi suku bunga 8%. Sebab, bunga yang diberikan bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti suku bunga acuan dari Bank Indonesia. Bila ditotal secara kasar, maka rumah yang tadinya seharga Rp 148 Jutaan tadi berubah menjadi sekitar Rp 162 jutaan.

Salah seorang marketing bernama Jeffry, mengatakan besaran cicilan biasanya 30% dari jumlah gaji pokok atau pendapatan. Artinya, bila disimpulkan dengan besaran cicilan tersebut, maka milenial bergaji Rp 4 jutaan masih bisa mendapatkan rumah. "Untuk gaji di bawah Rp 7 juta masih bisa dapat (rumah)," kata Jeffry ke pada detikFinance.

fahrian syah

Rabu, 26/04/2017 09:42

skema ruang yang ditawarkan rumah seharga 100juta'an gimana om? misal kamarnya 1 atau 2 gitu?

habib baharudin

Rabu, 26/04/2017 10:13

20 tahun lama juga ya, tapi murah banget cicilannya , wajar sih

edric chaniago

Rabu, 26/04/2017 10:32

itukan kalau 1,29 juta perbulan, kalo ngreditnya lebih mungkin bisa lebih cepat beberapa tahun

Ali Imron

Rabu, 26/04/2017 07:55

Harganya bener-bener menggoda, ini bisa masuk skema KPR subsidi gak ya?

Dani Irwansyah

Rabu, 26/04/2017 07:57

@Ali: jika gaji persis 4 juta kayaknya masih bisa tuh mengikuti program KPR bersubsidi. Tapi jika sudah punya utang lain ya mungkin bakal susah. Begitupun jika gajinya naik dikit 4,2 juta aja kayaknya juga udah gak bisa. Serba salah ya. Hehhehe. Ya gak subsidi pun masih terjangkau lah jika gaji misal 5 juta.


http://properti.kompas.com/read/2016/08/15/110728921/batasan.gaji.jadi.kendala.penjualan.rumah.subsidi

Daddy Kece

Rabu, 26/04/2017 08:00

Yang paling enak dari KPR bersubsidi itu ya ringannya itu:

  • Suku bunga 5 % fixed sepanjang jangka waktu kredit
  • Proses cepat dan mudah
  • Uang muka mulai dari 1%
  • Jangka waktu maksimal s.d. 20 tahun

syarif fahmi

Rabu, 26/04/2017 11:48

ohh baru tau kalo jangka maksimalnya 20 tahun

Dani Irwansyah

Rabu, 26/04/2017 08:01

@Dady Kece: makasih infonya... Semoga pemerintah Jokowi bisa memperbanyak rumah terjangkau untuk semua kalangan. Tak hanya yang berpenghasilan rendah, tapi juga berpenghasilan menengah yag nanggung.

Daddy Kece

Rabu, 26/04/2017 08:28

Lebih mantap lagi kalau bisa dapet DP 0% seperti programnya ANies Sandi plus cicilan fixed 5% seperti subsidi haha..

agung gamaludin

Rabu, 26/04/2017 09:24

haha, sayangnya cileungsi bukan termasuk derah jakarta

andre ernest

Rabu, 26/04/2017 11:45

yg bener itu dp 0 % atau dp 0 rupiah sih, sama aja ya?

Dani Irwansyah

Rabu, 26/04/2017 08:31

Hahaa.. ya kali. Tapi kalau bisa gitu, industri properti bisa makin bergeliat lagi. 

agung gamaludin

Rabu, 26/04/2017 09:24

btw cileungsi itu deket ama stasiun bogor gak ya?

hamzah hamsik

Rabu, 26/04/2017 09:31

cileungsi mah deketnya sama cibubur, kayaknya gak ada akses kereta disana

agung gamaludin

Rabu, 26/04/2017 10:15

oh iya baru liat di google maps, kirain bogor arah selatan gitu

setya adrian

Rabu, 26/04/2017 09:54

daerah cileungsi emang banyak yang nawarin kpr harga murah, worth it kok buat para pasangan yg baru nikah

anonim

Rabu, 26/04/2017 11:36

kalo diliat dari foto lumayan tuh masih dapet halaman depan

syarif fahmi

Rabu, 26/04/2017 11:48

@anonim, mayan buat nanem pohon, atau di modif lagi supaya muat mobil atau beberapa motor gitu ya

Andry Meidianto

Rabu, 03/05/2017 14:53

Ada juga di Bogor Casavera Dramaga perbulan nya kena di 900 rb an slma 20 th