Mengenal Istilah-istilah yang Biasa Digunakan Ketika Mengajukan KPR

Jumat, 21/04/2017 23:57

By : Ali Imron | Consumer

KPR

Bagi sebagian orang, KPR alias Kredit Pemilikan Rumah adalah solusi untuk mendapatkan rumah atau apartemen secara cepat. Tapi sayangnya, gak semua orang yang tahu istilah-istilah yang biasa disebutkan di KPR. 
 
Nah, biar nanti gak gagal paham ketika berencana mengajukan KPR, yuk simak istilah-istilah berikut ini:
 
Application form
 
Formulir aplikasi KPR yang harus diisi sebelum mengajukan KPR. Isinya data diri gitu, kayak pas mau daftar kerja atau daftar sekolah juga disuruh ngisi. Tapi form yang ini isinya lebih komplet.
 
Appraisal
 
Penilaian terhadap harga rumah yang dilakukan bank yang akan mengucurkan KPR. Orang bank bakal dateng terus ngelihat rumah yang akan di-KPR-in untuk dinilai harganya. Bisa aja kita bilang harganya Rp 400 juta, tapi orang bank bilang Rp 300 juta. Yang dipake apa kata orang bank. Artinya, duit KPR yang dipinjemin bank ya cuma Rp 300 juta itu.
 
Agunan
 
Aset yang dijadikan jaminan kredit. Kalau ambil KPR, sertifikat rumah yang di-KPR-in jadi agunan alias ditahan bank. Kalau gagal bayar lunas KPR, siap-siap aja diambil lagi itu rumahnya.
 
Alih debitur
 
Melunasi cicilan KPR dengan cara menjual rumah yang jadi objek KPR. Jadi, yang melanjutkan cicilan KPR adalah orang yang beli rumah itu. 
 
Ability to pay
 
Kemampuan nasabah mengangsur KPR. Ini yang nilai pihak bank. Kalau dinilai gak mampu, misalnya gaji cuma Rp 4 juta tapi angsuran Rp 3 jutaan, ya permohonan KPR pasti ditolak.
 
AJB
 
Kependekan dari akta jual beli. Berkas AJB ini bukti bahwa transaksi rumah itu sah di mata hukum soalnya ada tanda tangan notaris atau pejabat pembuat akta tanah di dokumen itu. 
 
Akad
 
Perjanjian dalam proses KPR. Di sini bank dan nasabah sama-sama bikin komitmen bahwa masing-masing bakal ngejalani hak dan kewajiban sesuai ketentuan. Kalau komitmen dilanggar, sanksi udah menanti.
 
Balik nama
 
Ganti nama pemilik rumah di sertifikat. Kalau mau balik nama, harus bayar dan dilakukan di depan pejabat pembuat akta tanah agar dianggap resmi secara hukum. 
 
BI Checking
 
Pemeriksaan terhadap jiwa nasabah, eh, bukan ding. Ini pemeriksaan riwayat kredit nasabah dengan mengacu pada data BI (Bank Indonesia). Kalau punya tunggakan kredit dari bank mana pun, susah dapet KPR karena mungkin masuk dalam daftar hitam BI. 
 
Buy back guarantee
 
Jaminan dari developer bahwa doi akan membeli kembali properti jika gak selesai dibangun dalam waktu yang telah dijanjikan. Misalnya janjinya selesai Oktober 2015, ternyata harus molor sampai tahun depan. Rumahnya bisa aja dibeli lagi ama developer kalau kita maunya begitu.
 
Booking fee
 
Duit yang diberikan ke developer sebagai bukti bahwa kita serius mau beli rumah yang dibangun. Booking fee umumnya mengurangi jumlah total down payment/uang muka.
 
Biaya KPR
 
Biaya selain uang muka dan cicilan yang kudu dibayar oleh pembeli. Misalnya biaya notaris, biaya appraisal, biaya asuransi, dan biaya administrasi. [Baca: Perhatikan Jembrengan Biaya dalam Transaksi Jual-Beli Rumah atau Properti Lainnya]
 
Custodian
 
Pihak yang bertanggung jawab nyimpen dokumen agunan sebaik-baiknya. Kalau konteksnya KPR, berarti dokumen itu adalah sertifikat rumah.
 
Credit report
 
Laporan analisis bank terhadap kemampuan orang ngelunasin KPR tepat waktu.
 
Cluster
 
Kompleks rumah yang hanya punya satu gerbang masuk dan keluar dengan sistem keamanan yang lebih ketat daripada celananya vokalis band masa kini eh, maksudnya perumahan biasa.
 
Credit committee
 
Panitia kredit yang ditunjuk bank buat menilai aplikasi KPR, apakah akan disetujui atau ditolak. Tenang aja, gak bakal di-PHP-in.
 
Down payment
 
Uang muka alias persekot alias DP. Ini duit yang dikasih ke developer sebagai pembayaran awal atas KPR. [Baca: Uang Muka KPR Turun Nih. Apakah Itu Tandanya Makin Gampang Ajukan Kredit ke Bank?]
 
Loan set-up
 
Pencatatan data kredit sesuai dengan hasil pemeriksaan credit committee.
 
Loan to maturity
 
Jangka waktu KPR.
 
Jadi itulah isitilah-istilah KPR yang saya sadur dari duitpintar.com. So, nanti gak bakalan bingung lagi kan sama istilah-istilahnya?
 
Foto: doughroller.net
 

Comment (s)

Mustapha Sidiq

Sabtu, 22/04/2017 00:01

Banyak juga ya istilahnya. Tapi ketika mengajukan KPR, saya cuma disebutkan beberapnya sih. Itu juga gak paham semuanya. Cuma manggut2 aja pas dijelaskan sama orang KPR :p

Ali Imron

Sabtu, 22/04/2017 00:02

Saya juga begitu Mas. Baru tau juga ternyata istilahnya sebanyak ini hahaha

Mustapha Sidiq

Sabtu, 22/04/2017 00:02

Lebih fokus ke syarat dan jumlah cicilannya sih Mas :p

Ali Imron

Sabtu, 22/04/2017 00:02

Nah, itu dia tuh Mas istilah yg paling penting. Sama satu lagi: hadiah langsung hahahaha

Mustapha Sidiq

Sabtu, 22/04/2017 00:03

(((hadiah langsung)))

Naldo Alnoldi

Sabtu, 22/04/2017 00:04

Lho, memangnya beneran ada KPR berhadiah langsung ya? Bukan cuma diskon2 aja Mas @Ali @Mustapha???

Ali Imron

Sabtu, 22/04/2017 00:05

Ada kok beberapa yg kasih hadiah langsung. Saya dulu dapat kulkas hahahaha

Lumayan

Naldo Alnoldi

Sabtu, 22/04/2017 00:05

@Mas Ali itu KPR buat apartemen apa rumah ya? Setahu saya apartemen yg lagi gencar kasih hadiah langsung

Ali Imron

Sabtu, 22/04/2017 00:06

KPR rumah Mas Naldo. Dulu zaman saya ambil KPR kan apartemen belum segencar sekarang. Sekarang sih memang trennya apartemen yg kasih hadiah langsung. Dulu itu kulkas udah mewah banget lho

Naldo Alnoldi

Sabtu, 22/04/2017 00:07

@Mas Ali sekarang kulkas juga termasuk mewah lah kalo buat hadiah langsung sih. Harganya kan masih 1-2 jutaan Mas

Handoyo Bo

Sabtu, 22/04/2017 00:08

Sekarang apartemen ngasih hadiahnya gila2an sih. Ada motor segala lho tanpa diundi. 

Ali Imron

Sabtu, 22/04/2017 00:09

Wow! Beneran itu dikasih motor secara langsung? Keren juga ya. Apartemen di mana itu mas?

Handoyo Bo

Sabtu, 22/04/2017 00:09

@Ali ada itu apartemen di sekitaran Cikarang. Saya lupa namanya, tapi sempat lihat reklamenya. Semoga bukan penipuan sih :p

Ali Imron

Sabtu, 22/04/2017 00:10

Kayaknya kalo buat hadiah langsung, jarang ada yg berani nipu2 Mas. Tapi gak enak juga ya, satu apartemen motornya sama semua. Belum lagi nanti bingung pas nyari di parkirannya hahahaha

Handoyo Bo

Sabtu, 22/04/2017 00:10

HAHAHAHAHA Betul banget ituuuu

Bingung pas di parkiran pasti pada bingung soalnya sama semua motornya HAHAHAHAH

Dani Irwansyah

Sabtu, 22/04/2017 00:12

Kalo setahu saya sih, buat yg motor itu benar ada. Tapi cuma dibatasi, misalnya buat 50 unit pertama atau berapa gitu. Kalo semuanya dikasih motor, bisa penuh itu parkiran motornya. 

agung gamaludin

Rabu, 26/04/2017 09:27

belum lagi kalau ada yg punya mobil, atau bahkan mau ngredit mobil (tau malu rumah belum lunas udah mau ngredit mobil) haha

Ali Imron

Sabtu, 22/04/2017 00:13

Iya, betul juga Mas. Bayangkan aja, jika di komplek itu ada 1.000 unit, berarti ada 1.000 motor yang ditampung di parkirannya. Gak kebayang padatnya kayak apa hahahahaa

Dani Irwansyah

Sabtu, 22/04/2017 00:14

@Ali nah itu dia, jadi memang gak semuanya dapat. Pahami syarat dan ketentuan yg berlaku biar nanti tidak kecele

Ida Sussan

Sabtu, 22/04/2017 00:15

Saya nyaris bacanya judulnya KPK lho bukan KPR hihihihih...

Ali Imron

Sabtu, 22/04/2017 00:16

HAhahaha....Mbak Ida bisa aja. Jadinya kayak forum politik dong ya kalo KPK?

Ida Sussan

Sabtu, 22/04/2017 00:16

batewey baswei....ngomong2 soal hadiah langsung dari pengajuan kredit apartemen, hadiah langsungnya sekarang yg lagi tren itu iPhone atau Samsung. 

Ali Imron

Sabtu, 22/04/2017 00:17

Iya, sekarang trennya memang ke gadget. Tapi harganya udah hampir sama kayak motor sih buat iPhone

syarif fahmi

Selasa, 25/04/2017 15:03

kalo memang itu gadget terbaru kayaknya bukan iphone deh, mungkin samsung seri terbaru tp yg harganya 5juta kebawah

hamzah hamsik

Rabu, 26/04/2017 09:35

padahal lebih butuh kulkas atau ac gitu...

fahrian syah

Selasa, 25/04/2017 11:37

ternyata isitlahnya agak beda ya dari layanan pengajuan lainnya

setya adrian

Selasa, 25/04/2017 11:46

isitilah agunan sama custodian, sumpah asing banget, baru tau

andre ernest

Selasa, 25/04/2017 14:58

custodian kayak sejenis ras di film fantasy gitu ya bro

habib baharudin

Selasa, 25/04/2017 12:02

boleh juga nih artikel, biar gak kena tipu sama pelayanan yg merugikan

edric chaniago

Selasa, 25/04/2017 12:16

layanannya banyak yah, jadi terlihat seperti fitur

anonim

Selasa, 25/04/2017 14:17

biasanya kan nanti dijelasin sama customer servicenya, meskipun nanti kita juga manggut2 aja haha

andre ernest

Selasa, 25/04/2017 14:57

sama kayak waktu bikin kartu atm atau kredit gitu ya?