Tips Memilih Lukisan yang Tepat untuk Menghias Ruangan di Rumah

Selasa, 21/03/2017 23:47

By : Handoyo Bo | Consumer

Interior

Supaya terlihat lebih artistik, kebanyakan dari kita pasti memilih lukisan buat mempercantik ruangan. Ternyata memilih lukisan itu gak boleh sembarangan lho, karena kalo salah pilih bisa merusak keindahan ruangan. Alih-alih mau terlihat artistik malah rumah jadi terkesan norak dan maksa.

Terus gimana sih supaya lukisan yang kita beli gak salah pilih? Nih, ada tipsnya!

1. Pilihlah lukisan yang senada dengan warna dinding

Jangan memilih lukisan yang tabrak warna, misalnya warna dinding orange terang dengan lukisan merah terang, dinding akan terlihat terlalu ramai dan meriah.

Baiknya pilihlah warna lukisan yang masih senada namun tidak terlalu terang misalnya dari kuning tua gradasi orange lembut. Atau pilihlah lukisan yang mengandung sedikit unsur warna dinding.

2. Jangan memadu padankan dinding dengan lukisan berwarna sama

Ingat “senada” bukan berarti sama. Dinding hijau muda dengan lukisan berwarna mayoritas hijau muda akan membuat ruangan terlihat flat. Baiknya padankan dengan lukisan berwarna apa saja selain hijau muda. Namun untuk membuat kesan matching dengan dinding cukup memilih lukisan yang memiliki accessories atau ornamen-ornamen kecil yang memiliki warna hijau muda.

Namun jika anda memang menginginkan lukisan yang memiliki warna mayoritas sama usahakan mencari lukisan yang memiliki banyak gradasi hijau (dari hijau muda, hijautua, tosca, dan lain sebagainya).

3. Cocokkan dengan perabot atau furniture

Lukisan tidak selalu harus mengikuti warna dinding, namun dapat juga di cocokkan dengan warna-warna perabotan atau furniture pada ruangan.
Misalnya dinding anda berwarna putih, sementara sofa anda berwarna maroon, tidak ada salahnya mengikuti warna sofa.

4.  Sesuaikan tema lukisan dengan ruangan

Usahakan memilih lukisan yang sesuai dengan ruangan anda. Misalkan ruangan klasik, carilah lukisan pendukung seperti lukisan pemandangan, lukisan bunga, lukisan koi, kuda atau lainnya yang bersifat klasik (kekal) atau tradisional).

Begitu pula jika anda memiliki ruangan yang modern dan minimalis, pilih lukisan yang lebih cerah dan berwarna segar dan simple nmaun terlihat modern, seperti lukisan abstrak atau lukisan set (panel) yang sedang hit belakangan ini.

5. Be your self!

Yang paling terpenting adalah bahwa lukisan itu harus mencerminkan kepribadian anda! Apapun kata orang mengenai lukisan anda, namun apabila anda merasa bahwa “lukisan itu adalah cerminan saya” maka percayalah itu yang terbaik!

Comment (s)

Ali Imron

Selasa, 21/03/2017 23:53

Wah ternyata memang gak boleh asal2an ya hahahaha

Handoyo Bo

Selasa, 21/03/2017 23:53

@Mas Ali, iya gak boleh asal2an, mirip pilih jodoh :D

Ali Imron

Selasa, 21/03/2017 23:54

Waduh, saya udah lupa rasanya pilih jodoh haha

Dyah KD

Selasa, 21/03/2017 23:56

Saya belum berani beli lukisan buat pajangan di rumah. Takut tambah seram hiiiyyyy

Handoyo Bo

Selasa, 21/03/2017 23:58

@Dyah: makanya gak boleh pilih sembarangan lukisan. Kalo salah kan bisa gak cocok sama ruangan. Kalo bisa sih hindari lukisan berwujud orang ya

Naldo Alnoldi

Selasa, 21/03/2017 23:59

Tergantung lukisannya Mbak Dyah. Kalo gambarnya seram ya bikin ruangan seram. Lebih baik pilih lukisan pemandangan 

Ali Imron

Rabu, 22/03/2017 00:00

Kalo saya sih bukan karena takut bikin ruangan tambah seram, tapi takut bokek karena harganya mahal hik2....

Naldo Alnoldi

Rabu, 22/03/2017 00:01

Mas Ali, jangan pilih lukisan dari pelukis yg ngetop kalo gitu. Saya sih di rumah lukisan apa aja asal bagus dan cocok dipasang di ruangan, ya saya beli. Lagipula saya kan bukan kolektor lukisan Mas

Handoyo Bo

Rabu, 22/03/2017 00:02

@Mas Ali: Nah, begitu tuh apa kata Mas Naldo. Gak semua lukisan harganya mahal kok. Mulai dari ratusan ribu juga udah bagus2. Gak usah maksa pilih karya dari pelukis ternama. Bisa2 malah lebih mahal dari harga rumahnya :p

Ali Imron

Rabu, 22/03/2017 00:02

Beli yang murah dan bagus di mana ya? hahahaha

Handoyo Bo

Rabu, 22/03/2017 00:03

@Mas Ali: ada kok di Pasar Baru, banyak banget. Di Pasar Seni Ancol juga bagus2. Tapi kalo mau yang lebih umum dan gak terlalu nyeni, di toko2 buku atau toko furniture juga banyak Mas.

Naldo Alnoldi

Rabu, 22/03/2017 00:04

Saya beli online aja, bagus2 kok. Jangan lupa bingkainya harus dperhatikan ya. Lukisan yg bagus tapi kalo bingkainya jelek ya gak ada artinya

Handoyo Bo

Rabu, 22/03/2017 00:05

Betul tuh, perhatikan juga bingkainya. Jangan sampai lukisan yang bagus malah terlihat murahan karena bingkainya yang jelek.

Joko Way

Rabu, 22/03/2017 00:06

Saya kok kenapa kurang sreg ya pasang lukisan di rumah? Lebih suka pajang foto keluarga.

Naldo Alnoldi

Rabu, 22/03/2017 00:06

Sekali2 gak apa2 Mas beli lukisan, biar suasana rumah gak bosan

Joko Way

Rabu, 22/03/2017 00:07

Iya, lukisan kok kesannya buat orang2 kaya aja. Sementara rumah saya biasa2 aja.

Ali Imron

Rabu, 22/03/2017 00:08

Nah, saya setuju tuh sama Mas Joko. Kenapa saya merasa kurang suka pasang lukisan di rumah ya? Soalnya rumah biasa2 aja

Naldo Alnoldi

Rabu, 22/03/2017 00:08

Wah pendapat yg salah tuh. Lukisan bukan karya yg mahal, asal sejago2nya aja nyari sesuai budget. Jangan paksakan diri.

Handoyo Bo

Rabu, 22/03/2017 00:11

Mas @Ali @Joko sebenarnya kalo gitu lebih baik lihat poin ke-5: be yourself! Jadi kalo memang dirasa rumah belom cocok pasang lukisan ya gak usah memaksakan diri, daripada nanti rumahnya malah terlihat tambah jelek. No offense ya, lukisan itu kan fungsinya untuk mempercantik ruangan, bukan membuat terlihat mahal atau mewah. Tapi itu juga tergantung kemampuan dan kemauan.

Naldo Alnoldi

Rabu, 22/03/2017 00:12

Tepuk tangan buat Mas Handoyo! :D

Ali Imron

Rabu, 22/03/2017 00:13

Baiklah. Terima kasih masukannya Mas Bo...

Eh dipanggilnya sapa ya? Bo apa Handoyo? Hahaha

Handoyo Bo

Rabu, 22/03/2017 00:13

@Ali panggil aja Handoyo, Mas hehehe Bo itu nama belakang saya

Dyah KD

Rabu, 22/03/2017 00:16

Saya juga mulai mikir2 sih buat beli lukisan di rumah. Thanks infonya Mas Handoyo

maharani wibowo

Rabu, 22/03/2017 15:21

thax

Angga Aprilio

Senin, 29/05/2017 10:01

Kadang suka bingung, mau naroh lukisan apa di dinding rmh, tips nya menarik memberikan referensi pilihan lukisan untuk dipasang didinding rmh :) | #123Kebaikan | @aa_ngg