Mempersiapkan Rumah yang Akan Dijual Agar Lebih Menarik Bagi Calon Pembeli

Sabtu, 11/03/2017 21:44

By : Qontak | Consumer

Rumah Dijual

Berniat menjuat rumah Anda? Maka bukan kebetulan rasanya kalau Anda juga memerlukan sentuhan akhir untuk rumah Anda, renovasi final yang akan memberikan daya tarik baru pada rumah lama Anda. Tentunya, tidak semua dari Anda memiliki pola pikir yang sama dan berpikir bahwa merapikan dan memperindah rumah Anda benar dapat membantu mempercepat lakunya rumah Anda di pasaran. Karenanya, renovasi yang akan dibicarakan berikut ini tidak menilik dari segi material dan furnitur polesan baru di dalam rumah maupun perbaikan atap, namun lebih kepada strategi marketing yang siapapun bisa lakukan.

Apa saja sebenarnya yang menjadi faktor penentu laku tidaknya rumah yang Anda jual di pasaran?

1. Harga yang Anda pasang untuk rumah Anda

Jangan pernah memasang harga yang terlalu tinggi dan realistislah dengan kondisi rumah Anda saat hendak menjualnya. Perhatikan harga rumah rata-rata di pasaran saat ini, carilah yang terdekat kondisinya dengan rumah Anda dalam hal luas rumah serta daerah permukiman tempat rumah Anda berada. Kecenderungan untuk meremehkan calon pembeli Anda haruslah dihilangkan, karena pembeli di zaman serba digital ini pastilah melakukan pekerjaan rumahnya, yaitu melakukan riset. Jika didapati harga yang terlalu mahal dengan rumah yang tidak seberapa menarik, transaksi dengan Anda tidak akan menjadi prioritas calon pembeli potensial. Jika diperlukan juga, lakukanlah inspeksi rumah untuk membantu Anda menentukan harga pasaran yang tepat.

 

Berbicara mengenai penampilan rumah yang menarik, poin selanjutnya akan mengelaborasi seberapa pentingnya rumah yang menarik.

 

2. Ada harga ada kualitas

Meskipun tidak merenovasi ulang tampilan fisik rumah Anda secara menyeluruh, penting bagi calon pembeli untuk dapat melihat bahwa Anda peduli akan rumah yang sedang Anda tawarkan dan rumah Anda cukup terawat. Perasaan yang mereka alami dan pengalaman yang ditimbulkan ketika melangkah masuk ke calon rumah masa depan mereka sangatlah penting. Meski kedengarannya remeh, namun hal inilah kadang yang menjadi penentu, terutama jika Anda berhadapan dengan generasi yang dominan saat ini: Millennials, yang lahir di akhir tahun 1980an hingga awal tahun 2000an, dan telah terbukti sangat mementingkan pengalaman yang dirasakan sebelum mengambil keputusan.

 

Lalu, bagaimana cara membuat rumah Anda memiliki kualitas instan meski sudah lama digunakan? Pertama-tama, rapikanlah penampilan luar dari rumah Anda. Merapikan halaman, cat dinding luar rumah, cat pintu depan serta merapikan teras merupakan hal paling sederhana dan tidak makan banyak biaya yang bisa Anda lakukan.

 

Beralih ke dalam rumah, tidak perlu merenovasi besar-besaran sama sekali untuk bagian dalam rumah. Cukup dengan mengecek adanya bau dalam rumah dan membasmi bau tersebut serta membersihkan karpet rumah yang mungkin Anda jual bersama dengan rumahnya sudah cukup memberikan suasana segar dalam rumah.

 

3. Kesan leluasa dan lega dalam rumah

Rumah yang terasa lega, lapang dan leluasa dengan ruang gerak yang cukup ternyata juga salah satu faktor penentu ketertarikan calon pembeli akan sebuah rumah. Seringkali, rumah yang sudah lama ditinggali menjadi terbiasa akan banyaknya barang yang ada di dalamnya sehingga tidak lagi dirasa sebagai hal yang buruk. Padahal, dalam bisnis menjual rumah, kesan luas adalah poin penting, terutama jika luas rumah Anda cenderung kecil dan terbatas. Cara membuat rumah terkesan lega dan lapang adalah dengan memperbaiki pencahayaan yang ada di dalam rumah. Jika memang perlu penambahan cahaya alami, pikirkanlah cara untuk membuat rumah Anda yang akan dijual ini memiliki elemen tersebut. Hilangkan pembatas dan sekat ruangan, atau periksa kembali sudut-sudut gelap yang dapat diberikan tambahan cahaya. Pastikan dalam melakukan hal ini, Anda tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya.

 

Tiga poin di atas akan membantu Anda menambah daya tarik dari rumah yang hendak dijual. Poin terpenting di atas segalanya tetaplah penentuan harga jual dari rumah Anda, di mana Anda harus pintar-pintar memastikan adanya kondisi rumah yang sesuai dengan harga jual, sesuai dengan kondisi di pasaran dan sesuai dengan lingkungan tempat rumah Anda berada. Selamat bertransaksi!

Comment (s)

Joko Way

Minggu, 12/03/2017 07:26

Makasih tipsya, benar-benar bermanfaat nih.

mrbambang bda

Minggu, 12/03/2017 07:31

Ntar kalau jual rumah, bakal kepake banget nih tips di atas

Joko Way

Minggu, 12/03/2017 07:32

@mrbambang yoi brayyy... hari minggu jalan-jalan kemana nih. hehhee

mrbambang bda

Minggu, 12/03/2017 07:33

@Joko Way: ane di rumah aja gan. Bersih-bersih rumah dan baca-baca forum rumah 123 untuk nambah pengetahuan soal properti.

Ali Imron

Minggu, 12/03/2017 07:39

Berarti yang penting penampilan harus tampak menarik ya. Sama seperti ketika jual motor atau mobil, kondisibya yang penting bagus

Joko Way

Minggu, 12/03/2017 07:52

Oh iya, yang tak kalah penting lagi, biar cepat laku pasang aja di Rumah123.com :)

Pakde Droid

Minggu, 12/03/2017 07:53

Makasih infonya gan. Penting ini

Dyah KD

Rabu, 15/03/2017 05:53

Catattt