Tips Menata Dapur yang Sempit Jadi Lebih Keren!!

Rabu, 08/03/2017 22:16

By : Dyah KD | Consumer

Interior

Mungkin banyak temen2 di sini yang lebih fokus pada kamar dan ruang tamu, sementara dapur interiornya dibuat seadanya. Padahal, buat ibu2 seperti saya dapur itu jadi tempat "bermain" yang paling penting di dalam rumah. 
 
Terus gimana sih tampilan dapur di rumah jadi keren, sekalipun rumah ukurannya sempit? Berikut ini tipsnya:
 
1. Temukan tempat untuk semua barang Anda di dapur. Kerapian adalah hal pertama dan terpenting dalam membuat ruang yang berukuran terbatas menjadi efisien.
 
2. Bukalah pikiran Anda dan berilah kesempatan agar pakem yang selama ini Anda gunakan untuk menata dapur dapat diubah. Misalnya dengan melepas pintu lemari dapur dan membiarkan isi lemari bisa terlihat dengan mudah. Jika tidak mau membiarkan lemari dapur terbuka, Anda dapat menggunakan pintu kaca.
 
3. Ciptakan kohesi untuk memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Tumpukan barang seperti piring membuat dapur tampak penuh. Solusinya, berikan warna cat dinding dengan warna putih dan gunakan piring dengan warna putih pula. Piring yang menumpuk akan tampak menghilang dan membuat dapur Anda terasa lebih rapi dan luas.
 
4. Sesuaikan ukuran serta jumlah peralatan memasak atau peralatan makan-minum dengan luas dapur. Jika Anda hidup sendiri, tidak perlu menggunakan penanak nasi (rice cooker) yang berukuran besar. Anda pun juga belum tentu membutuhkan dua lusin piring dan gelas berukuran besar.
 
5. Buatlah dapur terang. Usahakan dapur memiliki akses ke sinar matahari, serta berikan juga pencahayaan artifisial. Ruang dapur yang gelap akan lebih lembab. Terlebih lagi, jika dapur sama sekali tidak mempunyai akses ke sinar matahari alami. Pastikan juga permukaan meja dapur (countertop ) juga tidak gelap. Anda dapat memberikan lampu pada bagian bawah lemari dapur. Cara ini bisa membuat kegiatan masak-memasak lebih mudah.
 
6. Gunakan furnitur multi guna seperti menempatkan meja kecil di dapur. Hal ini merupakan ide yang baik untuk dapur berukuran mungil. Gunakan meja sebagai island atau permukaan tambahan memasak dan juga gunakan untuk menyantap makanan. Tentu akan lebih fungsional dan hemat tempat.

Comment (s)

Ali Imron

Rabu, 08/03/2017 22:18

Wah, saya termasuk yang suka main di dapur lho Mbak

Dyah KD

Rabu, 08/03/2017 22:19

Mas Ali, nemenin istri masak atau gerecokin? Hihihihi

Ali Imron

Rabu, 08/03/2017 22:20

Kadang bantuin dong, tapi kadang2 aja ya. Lebih seringnya sih godain istri masak. Makanya saya suka dibilang kayak kucing dapur hahahahaha

Dyah KD

Rabu, 08/03/2017 22:20

Gak apa2 Mas ali kalo disebut kucing dapur, daripada maling dapur hihihih

Ali Imron

Rabu, 08/03/2017 22:21

Hahahaha kadang2 saya juga jadi "maling" sih. Makan makanan yg belum disajikan diam2

Dani Irwansyah

Rabu, 08/03/2017 22:23

@Mbak Dyah, itu foto dapurnya di rumah? Kece sekaliii

Dyah KD

Rabu, 08/03/2017 22:24

Mas dani, bukaaaaannnn....itu hasil googling. dapur saya gak sekeren itu mas. Malu dipsang di situ hihihihi

Ali Imron

Rabu, 08/03/2017 22:25

Mestinya pasang foto dapurnya mbak, biar trit ini makin cetarrrr

Dyah KD

Rabu, 08/03/2017 22:26

Dateng aja ke rumah Mas Ali, mampir2 sambil makan siang...nanti saya masakin deh

Ali Imron

Rabu, 08/03/2017 22:26

Wuiihhh boleh mbakkk

saya sih kalo makan gratis mah mau ajaaaa hahahahaha

Dani Irwansyah

Rabu, 08/03/2017 22:28

mbak diyah, jadi cuma mas ali aja nih yg diajak? oke, fineeeeeeee!

Daddy Kece

Rabu, 08/03/2017 22:30

mbak diyah, jadi cuma mas ali aja nih yg diajak? oke, fineeeeeeee! (2)

Ali Imron

Rabu, 08/03/2017 22:31

Mbak dyaaah....penggemarnya pada protes tuh hahahahaha

Naldo Alnoldi

Rabu, 08/03/2017 22:32

mbak diyah, jadi cuma mas ali aja nih yg diajak? oke, fineeeeeeee! (3)