Inspirasi Gaya Nautical yang Unik dan Nyentrik

Kamis, 15/09/2016 21:33

By : Farah Fachrie | Consumer

Gaya

471


Bagi Anda yang menyukai lautan, gaya nautical yang diterapkan dalam desain rumah merupakan salah satu cara sempurna untuk memenuhi hasrat Anda. Selain tak pernah ketinggalan jaman, gaya ini juga mampu menciptakan rasa nyaman di setiap ruangan berkat unsur pemandangan yang diciptakan, suara dan bau dari lautan, ditambah bahan atau tekstil beraroma pantai, serta beberapa aksesoris dan furnitur pendukung.
Untuk membuat gaya nautical semakin terasa lengkap, Anda juga dapat menambah elemen lain seperti kapal, jangkar, garis-garis, makhluk laut, dan lainnya. Namun perlu diingat, karakteristik dari gaya ini adalah tekstil yang natural, furnitur dari kayu yang tidak mahal, dan warna putih yang berlimpah. Dikutip dari Balkonie.com, berikut empat elemen kunci yang harus diperhatikan saat merancang gaya nautical di dalam desain interior rumah Anda.

Warna
Dalam mengaplikasikan gaya nautical di dalam rumah, warna merupakan poin terpenting untuk menciptakan nuansa laut. Untuk itu Anda perlu memikirkan warna apa yang paling mewakili unsur laut, dan warna alami yang dapat ditemukan di pantai berpasir. Tentu saja pilihannya meliputi warna putih antik, putih cemerlang, deep aqua, navy, wine, burgundy, dan nuansa biru pucat. Warna putih sebaiknya digunakan sebagai dasar dari semua warna yang dipilih, karena sifat netral yang dimilikinya. Lalu kombinasikan warna putih dengan biru, mulai dari yang paling terang hingga yang paling gelap.

Garis-garis Nautical
Salah satu cara untuk membuat ruangan bergaya nautical, adalah penggunaan pola garis-garis berwarna putih dan biru. Anda dapat mengaplikasikan pola ini untuk tirai, karpet, wallpaper, atau sebagai aksesoris di dalam rumah. Warna lainnya perlu dibatasi, tetapi karpet berwarna merah atau barang dekorasi lainnya akan terlihat menarik ketika ditempatkan di sebelah garis-garis putih dan biru laut.

Furnitur
Seperti dibahas sebelumnya, gaya nautical memiliki ciri khas yang selalu terbuat dari unsur alam, tidak ada plastik atau bahan sintetis sedikit pun. Oleh karena itu, furnitur kayu yang digunakan untuk rak, meja, dan kursi dapat dicat dengan menggunakan warna cokelat, krem, putih, atau biru.

Dekorasi
Anda dapat menggunakan roda kemudi kapal, peta pelayaran kuno, atau jangkar raksasa sebagai dekorasi dalam gaya nautical di rumah Anda. Sekadar inspirasi, Anda dapat menggantung roda kemudi kapal atau jangkar raksasa di dinding dan menjadikannya sebagai focal point di dalam ruangan.
Selain itu, Anda juga dapat menambahkan aksesoris lainnya ke dalam ruangan, seperti barang-barang yang mencerminkan kehidupan pelaut, tali yang sudah terlihat tua, teleskop, dayung, batu, bintang laut, dan lainnya. Aksesoris tersebut dapat menjadi tambahan yang cantik nan unik bagi rumah Anda.
Dalam mendekorasi rumah dengan gaya nautical, Anda tidak perlu melakukannya secara berlebihan. Elemen-elemen kunci dari gaya ini juga tidak boleh dicampur terlalu banyak. Jika tidak ingin menimbulkan kesan berantakan, maka pisahkan elemen seperti garis-garis nautical, bintang laut, kapal, jangkar dan lainnya ke beberapa ruang di rumah Anda. Selamat mencoba!