Tidur Berkualitas dengan Cara yang Sederhana

Kamis, 23/06/2016 01:21

By : chika sutiyono | Consumer

Tips & trick

229


Sebagian besar waktu Anda dihabiskan di kamar tidur. itu mengapa kamar tidur seharusnya menjadi prioritas dalam daftar renovasi Anda. Tentu menyenangkan beristirahat dan tidur nyenyak pada kamar yang didesain dengan baik. Renovasi kamar tidur bukan sekedar perluasan atau percantikan saja. Lebih penting dari itu: peningkatan kualitas kamar tidur. Hal ini dicapai dengan memperbaiki pengudaraan, pencahayaan alami, sirkulasi, serta pemilihan dan penataan furnitur yang tepat.
Kenyamanan sebuah kamar tidur bisa sangat berbeda untuk setiap orang. Sangat bergantung pada fungsi dan aktivitas yang ingin dilakukan di kamar tidur. Jadi, langkah pertama yang terpenting sebelum merenovasi kamar tidur adalah mendefinisikan kebutuhan Anda. Setelah itu, Anda bisa bergerak ke tahap yang selanjutnya, mulai dari desain, pemilihan furnitur, hingga tata cahaya. Berikut uraian langkah sederhana untuk tidur berkualitas .

1. Rencanakan dengan baik
Langkah sederhana untuk tidur berkualitas yang pertama adalah merencanakan kamar tidur dengan baik. Setiap orang punya kebutuhan dan kegiatan yang berbeda di kamar tidur. Ada yang butuh TV untuk hiburan, ada pula yang menjadikan kamar tidur hanya untuk tempat istirahat. Tak perlu TV di dalam kamar.
 Tidak sedikit bahkan yang menjadikan kamar tidur sebagai ruang kerja. Catat segala kegiatan yang biasa Anda lakukan dan mungkin akan Anda kerjakan di kamar tidur. Ini panduan Anda merenovasi dan menentukan desain ruang tidur seperti apa yang Anda butuhkan nantinya. Tetapkan prioritas dari kebutuhan itu dan konsultasikan dengan arsitek atau interior desainer Anda.

2. Kebutuhan listrik
Sebelum merenovasi, catat lengkap aktivitas Anda di kamar yang berkaitan dengan peralatan listrik. Mungkin Anda ingin menjadikan kamar tidur sebagai ruang hiburan dengan menempatkan home theater . Atau Anda biasa menggunakan komputer, pengering rambut, dan AC pada kamar tidur.

Minta bantuan kontraktor Anda untuk memasang outlet (stop kontak) yang cukup untuk seluruh kebutuhan tersebut. Ini untuk mencegah kabel berantakan dan banyak percabangan listrik. Buat grup (pengelompokan listrik) tersendiri untuk kamar tidur dan terpisah dari ruang lainnya. Hal ini untuk memudahkan dalam maintenance dan mencegah korsleting.

3. Tata cahaya memadai
General lighting saja tak cukup. Anda butuh task lighting untuk kamar tidur Anda. Task lighting memberi pencahayaan pada area tertentu untuk kegiatan spesifik. Contohnya lampu baca. Anda bisa menempatkannya di sisi headboard , meja kerja, atau di atas side table . Anda tak akan mengganggu pasangan yang sedang beristirahat ketika Anda membaca atau bekerja. Gunakan dimmer untuk mengatur terang dan gelap cahaya lampu di kamar Anda. Hal ini mampu membantu mengatur suasana sesuai kegiatan, sekaligus menghemat listrik.