Tantangan Anies & Ahok: Memberikan Solusi Properti Terjangkau Bagi Generasi Millenial Jakarta

Minggu, 26/03/2017 14:09

By : Ricky Mahendra | Consumer

Pasar Properti

Helooo... Para penguhi setia forum Rumah123 pasti tahulah, rumah merupakan kebutuhan mendasar. Namun, tidak semua kalangan mampu membeli, dan memilikinya. Terlebih di kota Jakarta dengan harga yang sudah selangit.

Menurut riset portal Rumah123.com, 95 persen rumah yang dipasarkan saat ini sudah menyentuh angka Rp 480 juta ke atas. Sedangkan harga rumah di bawah angka itu hanya 5 persen. Padahal, warga Jakarta yang bisa mengakses rumah dengan harga di bawah Rp 480 juta justru menempati posisi mayoritas. Mereka adalah yang berpendapatan di bawah Rp 4 juta, rentang Rp 4 juta-Rp 7 juta, dan Rp 7 juta hingga Rp 12 juta per bulan.

Nah, seharusnya para pemimpin, termasuk pasangan calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahadja Purnama (Ahok) - Djarot Syaiful Yusuf dan Anies Baswedan - Sandiaga Uno, memerhatikan hal ini dalam program perumahan yang mereka tawarkan. Terlebih, segmen masyarakat ini adalah pemilih potensial.

Sayangnya, menurut Country Manager Rumah123.com Ignatius Untung, program yang ditawarkan kedua pasangan ini belum secara komprehensif mencakup permasalah perumahan yang ada di Jakarta. Seperti saya kutip dari Kompas.com, ada tiga masalah yang harus dicarikan solusinya oleh Ahok - Djarot dan Anies-Sandi.

Pertama, kebutuhan masyarakat, terutama generasi milenial, yang berpenghasilan menengah Rp 7 juta hingga Rp 12 juta untuk memiliki rumah.

Kedua, program Ahok-Djarot dan Anies-Sandi masih berkutat pada penyediaan rumah yang dilakukan pemerintah. Kedua paslon sama sekali tidak melibatkan pengembang serta bagaimana mekanisme pelibatan tersebut berjalan.

Ketiga, pengadaan lahan untuk membangun rumah dengan harga terjangkau. Ini adalah tugas pemerintah.

Siapa pun nanti yang memenangkan Pilkada DKI Jakarta harus mengerjakan "PR" pengadaan lahan murah. Nah, bagaimana dengan kalian? Yuk kita bantu para paslon DKI yang sedang bertarung ini dengan memberikan ide-ide atau solusi penyediaan rumah yang terjangkau untuk semua kalangan, terutama kita-kita anak millenial. Jieee :D

Nah, setelah saya browsing di website tercinta ini, Rumah123 bikin program bernama #SolusiPropertiJakarta. Pantengin aja deh di halaman ini.

Comment (s)

mrbambang bda

Minggu, 26/03/2017 14:16

Kalau mau usaha dikit, sebenarnya para generasi millenial ini bisa cari lokasi properti di pinggiran Jakarta seperti Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi. Tapi ya harganya terutama untuk yang lokasi strategis dekat dengan Jakarta atau aksesnya gampang, harganya sudah melambung tinggi.

Ricky Mahendra

Minggu, 26/03/2017 14:17

@mrbambang: iya, harga rumah sudah gak rasional lagi walapun itu di luar jakarta. Menurut data rumah123.com, rumah dengan harga di atas Rp 480 juta sebanyak 78 persen, sisanya di bawah itu. 

mrbambang bda

Minggu, 26/03/2017 14:19

Benar sekali Ricky, sebagai contoh saja. Sekitar empat tahun yang lalu saya ambil rumah di Depok harganya 260 juta. Sekarang dengan ukuran yang sama, setidaknya sudah 500 juta. Dulu pas beli ngos-ngosan juga, tapi dengan modal nekat ya kebeli juga.

Ricky Mahendra

Minggu, 26/03/2017 14:19

@mrbambang: cieee selamat ya yang sudah punya rumah. Jangan-jangan sudah bukan generasi millenial. Hehehhe

mrbambang bda

Minggu, 26/03/2017 14:22

Yeeee. masih generasi millenial tauk. Generasi millenial yang masih awal. Mikirnya sih gini dulu, harga rumah terus naik signifikan. Kalau menunda dikit beberapa bulan saja, harga sudah naik. Makanya begitu ada yang sreg, langsung aja nekat. Untungnya developer ada program cicilan DP, ini cukup membantu. Bahkan DP 40 jutaan aja sampai dicicil enam kali. Hahaha. Temen-temen yang waktu itu masih ragu-ragu untuk beli dan kelamaan mikir, sampai sekarang ya masih jadi kontraktor. Bakal makin susah lagi karena kenaikan gaji yang tak seberapa dibanding kenaikan harga properti.

Ali Imron

Minggu, 26/03/2017 14:23

Anies - Sandi kan punya program OKE OCE DP0%

Ahok juga punya banyak program rusunawa.
Bukannya ini jadi solusi ya?

Ricky Mahendra

Minggu, 26/03/2017 14:25

@mrbambang: iya deh percaya. WKwkwkwk

@Ali: (Aspek) yang belum di-cover pemerintah, salah satunya adalah soal kelas penghasilan, di mana kelas bawah sudah dicarikan solusinya, tetapi kelas menengah belum. Karena, penghasilan Rp4 juta-Rp7 juta dan Rp7 juta-Rp12 juta, masalahnya masih sama dalam hal keterjangkauan harga hunian

Ali Imron

Minggu, 26/03/2017 14:27

Hmmm.. iya juga ya. Lagian saya gak terlalu ngerti detail program kedua paslon ini gimana terkait solusi properti.


Mungkin tim sukses Ahok-Djarot & Anies-Sandi bisa mampir dimari memberikan pencerahan. Hehehhee

Dani Irwansyah

Minggu, 26/03/2017 14:29

Hahaha. Iya tuh, daripada pasukan cybernya tiap hari berantem di Twitter pakai hastag-hastag ga jelas, mendingan kesini aja. Adu program memberikan solusi terbaik untuk Jakarta. Asiik :D

mrbambang bda

Minggu, 26/03/2017 14:30

Wah ane setuju banget nih dengan agan Dani :D

Ricky Mahendra

Minggu, 26/03/2017 14:31

Hahha iya setuju. Adu data boleh, yang penting jangan saling menghujat apalagi menebar fitnah ya. Biar forum ini tetap asyik gituuu

Dani Irwansyah

Minggu, 26/03/2017 14:32

Jangan sampai deh forum ini terkontaminasi dengan hoax, fitnah dan semacamnya itu. Debat atau adu data sih bagus banget untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Haiyaah

Ricky Mahendra

Minggu, 26/03/2017 14:33

Sebagai bahan untuk debat, nih data-data menarik dari Rumah123.com untuk dipelajari.


https://d3p0bla3numw14.cloudfront.net/download/pdf/R123_SolusiPropertyJakarta.pdf

Ali Imron

Minggu, 26/03/2017 14:34

Wah ada hasil penelitian dari RUmah123 ya... Sedoooottttt

Endang Suparman

Rabu, 29/03/2017 15:36

ayooo dong pak.. bantu kami dapat rumah di Jakarta.. 

edric chaniago

Selasa, 04/04/2017 12:32

siapapun yang kepilih, dua2nya programnya bagus kok

Irfan Hanief

Selasa, 11/04/2017 20:50

Semoga Gubernur terpilih nantinya, melayani Jakarta dengan lebih baik.

Naldo Alnoldi

Kamis, 20/04/2017 07:11

Selamat dan sukses untuk Anies Sandy!