Mengenal Teknologi Inverter di Perangkat Elektronik AC, Kulkas, Mesin Cuci & Microwave Oven

Jumat, 14/04/2017 17:15

By : Joko Way | Consumer

Smart Home

Belakangan ini mungkin kita sering mendengar mengenai teknologi inverter (inverter technology) pada perangkat elektronik terutama AC. Sebenarnya apa sih ini? Jadi, inverter adalah sejenis Rangkaian Konversi Daya yang secara elektronik me-regulasi tegangan, arus, dan frekuensi dari suatu perangkat listrik. Pada Penyejuk Udara (AC) Inverter, rangkaian ini mengendalikan pasokan/suplai listrik ke kompressor dengan cara microprocessor yang ada di unit mengendalikan putaran kompresor sehingga power berubah sesuai dengan kondisi untuk operasi yang optimal.
 
Nah.. Berkaitan dengan hal itu, LG Electronics Indonesia berupaya semakin memperkuat posisinya di industri elektronik dengan menyatakan kesiapan menghadirkan ragam perangkat rumah tangga berbasis teknologi inverter. Berbagai inovasi pun dibenamkan dalam koleksi besar yang tersebar dari AC, lemari es atau kulkas, mesin cuci hingga perangkat masak elektronik microwave oven. Kehadiran koleksi ini dikatakan sekaligus menandai fokus perusahaan tahun ini yang bakal lebih ekspansif dalam pemasaran perangkat elektronik rumah tangga berbasis inverter. Pilihan ini dibuat tak lepas dari keunggulan teknologi inverter yang terbukti dan diakui lebih hemat listrik.
 
Di sisi lain, Langkah LG ini sekaligus menjadi bentuk dukungan perusahaan terhadap kampanye hemat energi yang telah diinisiasi pemerintah Indonesia. Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pemerintah telah menjalankan kampanye besar bertajuk Potong 10% sebagai gerakan yang bertujuan memperluas kesadaran terkait perilaku hemat energi.
 
Pemanfaatan teknologi inverter sebenarnya memang bukan hal baru bagi LG. Bahkan pabrikan perangkat elektronik konsumer berbasis di Korea Selatan ini termasuk rajin mempromosikan teknologi ini pada beberapa tahun belakangan di Indones ia. Namun demikian, LG menyadari dengan hanya menawarkan penggunaan listrik lebih hemat ternyata tak cukup menarik perhatian orang berpindah pada teknologi ini.
 
Hal inilah yang membuat koleksi perangkat elektronik rumah tangga inverter LG pada tahun ini menjadi istimewa. Berbagai inovasi disematkan yang mengoptimalkan kerja hemat listrik dari teknologi inverter. Tak hanya itu, LG pun dikatakannya melengkapi keseluruhan koleksi ini dengan fitur pendukung kesehatan untuk memperkuat keberadaannya sebagai penunjang gaya hidup modern yang lebih peduli kesehatan.
 
Pihak LG optimis keseluruhan inovasi yang melengkapi teknologi inverter pada berbagai perangkat elektronik rumah tangga terbarunya ini akan mendapat respon baik di masyarakat Indonesia. Kecepatan masyarakat untuk mengadopsi perangkat elektronik rumah tangga berteknologi inverter ini menurutnya memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. Dana yang tercipta dari penghematan listrik yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dapat dialihkan bagi kebutuhan yang menunjang peningkatan kualitas hidup. 
 
Sumber: Gizmologi.id
 
Untuk penjelasan masing-masing, saya share di kolom komentar ya. Karena panjang. Hehehehe
 

Comment (s)

Joko Way

Jumat, 14/04/2017 17:23

AC Dual Cool Series
 
Kehadiran AC LG Dual Cool Series dimaksudkan mendobrak pandangan masyarakat yang cenderung melihat AC inverter hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu. Hal ini tak lepas dari ketersediaan AC inverter di pasaran yang memang selama ini terbatas pada jenis dengan peruntukkan bagi ruang berkapasitas besar.Padahal, AC inverter awalnya hadir sebagai inovasi bagi penyejuk ruangan yang hemat listrik namun tetap memberikan proses pendinginan lebih cepat.
 
Diperkenalkan di Indonesia, AC Dual Cool series akan menjadi AC inverter pertama dengan pilihan kapasitas pendinginan paling luas mulai dari ½ PK, ¾ PK, 1PK, 1 ½ PK hingga 2 PK. Keberadaan AC LG Dual Cool Series menjadi jawaban bagi keluarga Indonesia yang menginginkan AC inverter yang sesuai dengan kapasitas berbagai ruang dalam rumah.
 
Memastikannya tak sekedar hadir sebagai AC inverter, AC Dual Cool Series hadir dengan membawa dua keunggulan utama yaitu Jet Cool dan Multi Watt Option. Melalui keduanya, AC ini dikatakan dapat menawarkan proses pendinginan yang lebih cepat hingga 30% dan 70% lebih hemat listrik ketimbang AC konvensional.
 
Terlahir sebagai AC inverter, kecepatan mencapai suhu ruang yg diinginkan sejatinya telah dimiliki AC terbaru ini. Namun keberadaan fitur Jet Cool membuat pengguna dapat lebih mempersingkat proses pendinginan ruang. Cukup menekan satu tombol pada remote control, akan membuat AC LG ini menyemburkan suhu 16 derajat sepanjang 30 menit sebelum mempertahankannya pada suhu yang diinginkan.
 
Sementara Multi Watt Option, tersirat dari namanya, fitur ini membuat sebuah unit AC LG Dual Cool Series dapat dioperasikan dalam empat opsi besaran daya listrik. Ketersediaannya memberikan kemudahan dan fleksibilitas lebih bagi pengguna untuk semakin mengatur asupan listrik menyesuaikan kebutuhan dengan pertimbangan temperatur lingkungan sekitar dan beban ruang melalui kendali remote control.
 
Saat temperatur lingkungan sekitar cenderung sejuk atau dalam ruang hanya berisi beberapa orang misalnya, pengguna dapat menekan tombol Multi Watt Option satu kali untuk membuat AC LG Dual Cool Series bekerja hanya dengan daya listrik 80%. Pengurangan daya listrik ini dapat diatur semakin rendah lagi dengan pertimbangan menyesuaikan perubahan hawa yang melingkupi ruang tempatnya terpasang.Untuk konsumsi listrik paling rendah, AC LG Dual Cool Series mampu menekan penggunaan daya listrik saat pengoperasian hingga mencapai 40%.
 
AC LG Dual Cool Series berkapasitas 1 PK dengan daya listrik 800 Watt. Cukup dengan mengaktifkan Jet Cool, AC akan menyejukkan ruang hingga 18 derajat sepanjang 30 menit. Setelahnya, pemilik dapat menggunakan fitur Multi Watt Option untuk menurunkan kebutuhan listrik pengoperasian AC ini. Pengaturan kerja dengan 80% daya listrik akan membuat pengguna menghemat daya 160 Watt yang dapat digunakan bagi kegiatan lain seperti menyetrika.
 
Dengan pengaturan pengoperasian daya listrik 40%, daya yang dihemat bagi penggunaan aktivitas lain bahkan dapat mencapai 480 Watt. Konsep yang mengoptimalkan kerja hemat listrik dengan meletakkan kendali di tangan pengguna dan tanpa mengorbankan kenyamanannya inilah yang menjadikan AC LG Dual Cool Series sebagai terobosan dalam kategori AC inverter.
 
Menyertai keunggulannya ini, LG memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna dengan garansi hingga 10 tahun bagi kompresornya dan tambahan perlindungan satu tahun bagi unit PCB. Bagian unit outdoor seluruh lini AC LG Dual Cool Series ini dilapisi teknologi anti-karat yang membuatnya lebih tahan terhadap kemungkinan kerusakan akibat perubahan cuaca. LG pun membenamkan low refrigerant detector yang bekerja otomatis memberi sinyal kepada pengguna bila terjadi penurunan refrigerant untuk reaksi lebih cepat dari kemungkinan terjadi kebocoran.
 
Di samping perbedaan kapasitas pendinginan, AC LG Dual Cool Series terbagi dalam tiga varian utama dengan kelengkapan fitur penjaga kesehatan yang lebih beragam.Ketiganya yaitu Eco, Smart dan Deluxe. Filter anti bakteri terdapat di seri Eco dan Smart, sementara MicroDust filter untuk menangkap partikel kecil yang dapat merugikan kesehatan ada di seri Eco kapasitas 1 ½ PK dan 2PK.
 
Bila kerja hemat listrik dengan fitur penjaga kesehatan paling lengkap yang dicari, LG menyediakan varian Deluxe. Pada varian ini, terdapat tambahan fiturionizeryang melepaskan berbagai ion untuk mengikat dan melumpuhkan zat berbahaya dan fiturskincare. Sesuai namanya, fitur ini berguna perlindungan pada kulit dengan memanfaatkan ion untuk memberikan kelembaban pada kulit penggunanya.

Ali Imron

Jumat, 14/04/2017 17:26

Wah mantebbb infonya. Tapi teknologi inverter itu harganya lebih mahal ya?

Joko Way

Jumat, 14/04/2017 17:29

@Ali Imron: memang sedikit lebih mahal karena teknologi canggih gan. Tapiiiii.... Dengan hemat energi itu, kalau dihitung-hitung biaya operasional, lebih murah dibanding yang konvensional. Dan yang paling penting, ramah lingkungan.

Joko Way

Jumat, 14/04/2017 17:33

Lemari Es InstaView Door-in-Door
 
Pada deretan lemari es, inovasi teknologi Inverter teraplikasi pada kompresor berdesain khusus yang dinamai LG Smart Inverter Compressor. Keunikan kompresor ini ada pada pengoperasian yang bertumpu pada satu tuas penggerak. Hal ini berbeda dengan kompresor konvensional yang memiliki empat bagian saling bergantung dalam pengoperasiannya.
 
Desain unik ini merupakan inovasi LG untuk mengoptimalkan kerja hemat listrik dari teknologi inverter sebagai basis teknologi kompresornya ini. Keuntungan ini didapat dari minimalnya gesekan antar bagian kompresor menjadi satu titik gesek dibanding kompresor konvensional dengan empat bagian yang membuatnya memiliki empat titik gesek. Dengan titik gesek lebih sedikit membuat energi yang dibutuhkan kompresor Smart Inverter lebih kecil. Keuntungan lainnya, minimalnya gesekan antar bagian menjadi hanya satu titik gesekan mengurangi tingkat kebisingan saat pengoperasian.
 
Tak sekedar klaim, berbagai manfaat ini telah melalui pengujian dari lembaga uji skala global berbasis di Jerman yang menjadi rujukan standar industri elektronik yaitu VDE Verband der Elektrotechnik, Elektronik und Informationstechnik.Untuk kemampuan menghemat energi, hasil uji perbandingan VDE menyatakan, LG Smart Inverter Compressor mampu menghemat asupan listrik hingga 32%. Pengujian tersebut juga mengungkap kompresor ini mampu mengurangi kebisingan dalam pengoperasian hingga 25% lebih baik dibanding kompresor konvensional.
 
Seriusnya LG menciptakan lemari es hemat listrik yang sesuai dengan gaya hidup modern tak berhenti sampai di situ. Penamaan LG InstaView Door-in-Door justru dipilih mewakili inovasi LG untuk menekan konsumsi listrik lemari es ini sepanjang pemakaiannya. Sebutan InstaView merujuk pada kemampuan lemari es ini yang membuat pengguna dapat cepat melihat isi dalam lemari es bahkan tanpa harus membuka pintunya.
 
Bentuknya berupa penggunaan panel sentuh LCD berbentang 29 inch pada salah satu bilah pintunya. Pada kondisi normal, layar ini seakan tak terlihat menyatu dengan desain keseluruhan.Namun, ketukan tangan dua kali akan mengaktifkan layar ini yang membuat pengguna dapat melihat langsung berbagai bahan makanan dalam kabin simpan lemari es tanpa harus membuka pintunya.
 
Bukannya tanpa alasan kuat bagi LG untuk mengembangkan fitur ini.Sebuah riset yang dilakukannya pada rumah tangga menemukan, setidaknya 32 kali orang membuka pintu lemari es tanpa alasan spesifik. Yang tak disadari, aktivitas yang membebaskan udara dingin dalam kabin lemari es ini membuat semakin besar kebutuhan listrik yang dibutuhkan kompresor untuk mengembalikan suhu semula dalam kabin lemari es.
 
Kerja hemat listrik pada lemari es ini semakin optimal dengan teknologi Door-in-Door™ yang mewujud dalam keberadaan kompartemen tersembunyi yang terletak pada salah satu bilah pintunya. Dikatakan tersembunyi karena letak kompartemen ini bak pintu rahasia dengan dimensi lebih kecil yang berada di lapis dalam bilah pintu utamanya. Untuk mengaksesnya, LG menyediakan tombol yang terletak pada bagian bawah bilah pintu ini.
 
Tambahan kompartemen ini tentu saja memberi ruang simpan lebih lega dibanding lemari es lainnya. Apalagi, LG pun memanfaatkan bidang pada lapisan dalam pintu utama ini sebagai ‘kantong’ penyimpanan tambahan. Seluruh tambahan ruang simpan ini didesain sebagai tempat menaruh berbagai bahan makanan maupun minuman yang seringkali dibutuhkan pengguna dan membuatnya seringkali membuka pintu lemari es.
 
Disamping kenyamanan yang ditawarkan dari semakin leganya ruang simpan, pintu rahasia ini dibuat sebagai upaya LG memperkuat kemampuan hemat energi lemari es terbarunya ini. Pengguna tak perlu membuka keseluruhan pintu utama untuk sekedar mengambil berbagai bahan makanan atau minuman yang seringkali dibutuhkan. Dengan hanya membuka bagian kompartemen tersembunyi ini, memperkecil besarnya udara dingin yang terlepas dari dalam kabin lemari es.
 
Menjadikannya benar-benar sebagai lemari es yang sesuai bagi gaya hidup modern dengan mobilitas tinggi, LG memberikan sentuhan Intenet of Things pada LG InstaView Door-in-Door. Melalui keterhubungan WiFi, penggunanya tetap dapat memiliki kendali atas lemari es ini meski berbeda lokasi via aplikasi LG SmartThinq di smartphone-nya. Kendali ini meliputi memonitor suhu maupun melakukan perubahan suhu dalam kabin lemari es ini. Selain itu, pengguna pun dapat memanfaatkannya untuk melakukan deteksi terhadap kemungkinan masalah dan solusi mengatasinya saat pengguna mendapatkan LG InstaView Door-in-Door tidak beroperasi dengan baik.

Ali Imron

Jumat, 14/04/2017 17:35

Iya, teknologi inverter memang hemat energi dan ramah lingkungan. Semoga nantinya banyak produk berteknologi inverter yang ramah kantong. Hahahahaa

Joko Way

Jumat, 14/04/2017 17:36

Amiennn... Kalau peminatnya semakin banyak, biasanya harga elektronik bisa turun karena produksi kan masal.

Dyah KD

Jumat, 14/04/2017 17:40

Makasih infonya..... Ini sudah ada di toko elektronik ya?

Joko Way

Jumat, 14/04/2017 17:41

Mbak DYah, saya kurang tahu persis untuk produk2 di atas. Tapi kalau yang berteknologi inverter sendiri sudah mulai banyak

Joko Way

Jumat, 14/04/2017 17:42

 
Beralih ke ruang cuci, LG memperkenalkan LG TwinWash yang lahir sebagai solusi LG atas kebutuhan mesin cuci yang menjawab lengkap kebutuhan gaya hidup masyarakat modern. Dari riset perusahaan, mobilitas tinggi masyarakat modern membuat kegiatan mencuci cenderung dilakukan saat akhir pekan.Hal yang membuat mesin cuci kapasitas besar kian menjadi pilihan.
 
Drum cuci ekstra lega dipandang sebagai solusi pungkas mengatasi tumpukan pakaian kotor dalam satu kali pencucian. Selain hemat waktu dan energi, konsumsi air dan listrik secara keseluruhan akan lebih rendah karena tak perlu berulangkali mencuci. Namun dalam perjalanannya, mesin cuci tabung besar tak menyelesaikan seluruh soal. Perbedaan jenis bahan pakaian membutuhkan perawatan cuci berbedasehingga akhirnya pencucian tak dapat dilakukan sekali jadi.
 
Membongkar keadaan inilah LG TwinWash hadir dengan konsep baru dalam mencuci pakaian.Tersirat kuat pada namanya, LG TwinWash dilengkapi dengan tabung cuci ganda.Tabung utamanyaberkapasitas 21 kilogram, tabung pendamping yang tepat berada di bawahnya punya daya tampung 3.5 kilogram. Kedua tabung ini dapat dioperasikan salah satu, maupun secara bersamaan.
 
Bila tumpukan pakaian kotor dengan bahan yang tak perlu penanganan khusus terbilang besar, tabung utama dengan kapasitas lega menjadi pilihan. Namun saat berhadapan dengan pakaian kotor yang hanya beberapa helai atau pun bahan pakaian yang perlu perhatian khusus, pencucian dapat dilakukan dengan memanfaatkan tabung cuci di bawah yang berkapasitas lebih kecil. Luasnya opsi mencuci, tak cuma mengoptimalkan penggunaan air dan listrik, namun juga memangkas kebutuhan waktu bagi mencuci pakaian. Hasilnya, pengguna memiliki lebih banyak waktu bagi kegiatan lain bersama keluarga.
 
Kerja pintar mesin cuci LG TwinWash dalam menghemat energi tak dapat dilepaskan dari inovasi motor penggerak LG Smart Inverter Motor. Berbeda dengan desain motor penggerak pada mesin cuci pabrikan lain yang menggunakan karet penghubung untuk memutar tabung pencucian, LG Smart Inverter Motor justru diletakkan melekat langsung terhubung dengan tabung. Hasil pengembangan LG pada motor penggerak mesin cuci inverter ini menciptakan banyak manfaat.
 
Pertama, kerja terintegrasi antara tabung dan motor membuat gerak lebih stabil. Dengan memanfaatkan hal ini, LG mengembangkan mode gerak pencucian yang berbeda dalam fitur 6 Motion Direct Drive Technology. Penamaan 6 motion merujuk pada enam variasi gerakan pencucian yang inspirasinya mengambil dari gerakan pencucian pakaian dengan menggunakan tangan. Pemilik dapat sekaligus memilih menggunakan enam variasi cara pencucian ini secara bersamaan, atau cukup memilih salah satunya dengan menyesuaikan kebutuhan dan variasi bahan pakaian.
 
Keuntungan berikutnya ada pada minimalnya gesekan antar bagian karena motor melekat pada tabung yang membuatnya mampu menekan kebutuhan energi. Ketiadaan karet penghubung membuat mesin cuci ini juga minim getaran.Otomatis bunyi yang dikeluarkan selama pengoperasian pun menjadi lebih halus, yaitu hanya sekitar 50 DB (decibels). Sebagai informasi, tingkatan kebisingan suara ini sejajar dengan kesunyian sebuah ruang perpustakaan.
 
Melengkapi kecanggihan LG TwinWash dengan berbagai teknologi True Steam yang memanfaatkan uap panas untuk tiga kebutuhan. Selain memastikan cucian terlepas dari berbagai hal yang dapat mengganggu kesehatan dan menyegarkan pakaian, sematan teknologi ini juga berguna untuk kebutuhan melembutkan hasil cucian seperti bahan handuk.
 
Yang membuatnya semakin canggih, LG pun menciptakan aplikasi khusus untuk mendukung kerja mesin cuci LG Twin Wash. Sebagai bagian dari proyek Internet of Things, menginstal aplikasi ini di smartphone akan memberi tiga keuntungan pendukung kerja mesin cuci LG TwinWash. Pertama, dengan memanfaatkan wifi, berfungsi sebagai remote control yang dapat mengaktifkan pencucian dari jarak jauh. Dengan pengaturan waktu tepat akan membuat LG Twin Wash telah menyelesaikan cucian saat pengguna tiba di rumah. LG pun secara kontinyu memberikan mode pencucian baru bagi lebih banyak bahan pakaian yang dapat diunduh untuk melengkapi kerja mesin cuci LG Twin Wash sesuai kebutuhan khusus pengguna yang berbeda. Termasuk diantaranya, mode pencucian untuk pakaian bayi yang membutuhkan penanganan khusus, namun tak dibutuhkan seluruh pengguna.
 
 Disamping itu, melalui aplikasi ini, pengguna dapat melakukan deteksi pada gangguan yang mungkin terjadi pada mesin cuci LG TwinWash. Caranya cukup dengan mengaktifkan aplikasi SmartThinq dan menu Smart Diagnosis pada mesin cuci, kemudian yang perlu dilakukan hanya mendekatkan smartphone pada sisi mesin cuci LG TwinWash yang ditentukan. Sejenak kemudian, layar smartphone akan memberikan hasil analisis gangguan yang terjadi pada mesin cuci LG TwinWash dan rekomendasi solusi. Dengan adanya Smart Diagnosis, pengguna tak perlu lagi setiap saat menunggu tenaga teknisi untuk memeriksa kemungkinan gangguan pada mesin cuci yang mungkin dapat diatasi sendiri dengan mudah.

Dyah KD

Jumat, 14/04/2017 17:45

Okeeee bang. Nanti coba lihat-lihat di online shop deh atau kalau longgar, ke toko elektronik.

Joko Way

Jumat, 14/04/2017 17:46

Sama-sama Mbak Dyah... Met libur panjanggggg :)

Joko Way

Jumat, 14/04/2017 17:46

 
Membawa kombinasi desain minimalis dan teknologi inverter, LG NeoChef disiapkan LG menjadi oven gelombang mikro (microwave oven) yang menjawab kebutuhan masyarakat akan masakan sehat di tengah mobilitasnya yang tinggi. Desain elegan dengan permukaan depan menggunakan panel utuh dari bahan tempered glass dengan sentuhan matte pada bagian eksteriornya membuat LG NeoChef dapat tampil menyatu dengan dekorasi keseluruhan dari dapur modern.
 
Disamping lebih hemat listrik, keberhasilan LG mengembangkan teknologi inverter sebagai motor utama microwave oven ini member manfaat pada pengaturan panas lebih baik saat proses pemasakan. Keuntungan pertamanya, teknologi inverter pada LG NeoChef mampu memberikan panas lebih merata pada saat proses menghangatkan kembali maupun proses defrost. Hasilnya, tak akan ditemui lagi bahan makanan dari lemari es yang menjalani proses defrost di microwave masih membeku di bagian tengah.
 
Keuntungan berikutnya dari terapan pengembangan teknologi inverter pada microwave oven ini ada pada fleksibilitas tinggi bagi pengguna untuk memilih tingkat daya yang digunakan. Pengguna dapat memulai proses pemasakan dengan mengatur pada tingkat daya tertentu untuk kemudian mengubahnya, baik menurunkan atau menaikkannya, di tengah proses pemasakan bergantung pada opsi pemasakan yang dipilih.
 
Fleksibilitas ini membuat LG NeoChef dapat menangani rentang makanan yang lebih luas seperti membuat yoghurt, melting chocolate atau pun sekedar membuat pop corn. Bahkan, pengguna LG NeoChef dapat memanfaatkannya untuk melakukan pemasakan dalam mode air fry yang lebih sehat disbanding dengan proses menggoreng dengan deep fryer. 
 
Memastikan perangkat LG NeoChef terhindar dari berbagai material merugikan maupun bakteri yang mungkin dapat tercampur denganmakanan, LG melapisi bagian dalam tungku gelombang mikro ini dengan Anti-Bacterial EasyClean. Selain memiliki kemampuan mengeliminasi kemungkinan adanya bakteri hingga 99.99%, lapisan pelindung ini juga sangat mudah untuk dibersihkan.
 
 
Detail kecil pun menjadi perhatian LG dalam mengembangkan LG NeoChef. Salah satunya dapat dilihat dari desain piringan yang menjadi alas tempat bahan makanan dalam tungku. LG mengembangkan desain dengan enam titik pendukung. Berguna memberikan kestabilan lebih baik dan mencegah kemungkinan bahan makanan tertumpah yang biasa terjadi akibat dari peletakan container tidak tepat di tengah piringan.
 
Upaya LG menekan penggunaan listrik pada LG NeoChef pun menyentuh pada pilihan penggunaan lampu LED untuk pencahayaan bagian dalam tungku. Disamping lebih hematl istrik, lampu LED ini juga member tingkat kecerahan tiga kali lipat lebih baik di banding dengan jenis lampu sebelumnya.

Dyah KD

Jumat, 14/04/2017 17:50

Apakah mereknya harus LG? Selain LG Ada nggak?

Joko Way

Jumat, 14/04/2017 17:51

@Dyah KD: Sebagian besar produsen elektronik global memiliki teknologi inverter kok

fahrian syah

Sabtu, 15/04/2017 15:27

teknologi inverter itu semacam radar kompresor sensitifitas gitu ya

setya adrian

Sabtu, 15/04/2017 15:38

biasanya LG sama samsung tuh yg main di segmen ginian

habib baharudin

Sabtu, 15/04/2017 15:49

udah saatnya teknologi dirumah pakai inverter semua,.... tapi nicilnya pelan2ya

edric chaniago

Sabtu, 15/04/2017 15:55

itu mesin cuci twinwash mirip soundsystem dikasih laci lollll

anonim

Sabtu, 15/04/2017 15:58

dirumah baru AC aja yg pakai teknologi inverter, next ngredit yang lain deh

syarif fahmi

Sabtu, 15/04/2017 20:40

ketimbang sektor ponsel, LG kayaknya lebih dominan di sektor alat elektro perumahan

agung gamaludin

Sabtu, 15/04/2017 20:44

lebih mahal sih, tapi kalo bisa hemat listrik sampai 40% tentunya lebih baik untuk penggunaan jangka panjang

hamzah hamsik

Sabtu, 15/04/2017 20:46

kalau perumahan elit sih pasti udah pakai teknologi inverter semua, semogga bisa merambah menengah kebawah

Ali Imron

Senin, 17/04/2017 06:57

Selamat hari Senin! Haha

Naldo Alnoldi

Kamis, 20/04/2017 07:08

Cangih banget!